APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Ini Dampak Pandemi Covid-19 Ke Garuda Indonesia

Administrator - 16/09/2020 08:47

IQPlus, (16/9) - Maskapai Penerbangan, PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) tampaknya sangat terpukul sekali dengan adanya Pandemi Covid-19. Dengan adanya beberapa faktor mulai dari Covid-19, Penerapan PSBB dan kondisi new normal, membuat Perseroan mengalami penurunan kapasitas guna menyesuaikan tren demand yang terjadi saat ini.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Mitra Piranti menggungkapkan, hingga Agustus 2020, terdapat penurunan pada trafik yang diangkut oleh Perseroan baik untuk penumpang maupun kargo diangkut masing-masing sebesar 72% dan 50% dibandingkan dengan tahun lalu.

"Disamping itu, Perseroan juga mengalami penurunan produksi domestik sebesar 55% dan internasional sebesar 88% dari tahun lalu."ucapnya.

Dalam keterangan tertulisnya kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), Mitra juga menjelaskan bahwa dari sebanyak 7.878 karyawan Garuda Indonesia baik tetap maupun kontrak hampir seluruhnya terkena dampak. Sekitar 146 karyawan terkena PHK dan sekitar 5.989 lainnya juga terkena dampak dengan status lainnya semisal pemotongan gaji, penyesuaian shift/hari/jam kerja.

Oleh karena itu, kata Mitra, Garuda Indonesia telah menyiapkan beragam stretagi guna mempertahankan dan meningkatkan kinerja keuangan Perseroan di kondisi buruk seperti ini. Perusahaan mengontrol semua aspek semisal aspek keuangan, aspek operasional.

"Dalam menjaga likuiditas serta merespon dampak COVID-19 yang terjadi saat ini, Perusahaan telah melakukan upaya optimalisasi operasional guna menyelaraskan supply dengan market demand melalui beberapa langkah insiatif,"tuturnya.

Sementara dari sisi operasional, Mitra mengaku bahwa pendapatan penumpang berkontribusi lebih dari 80% dari total pendapatan Garuda Indonesia, "dengan adanya penurunan trafik yang cukup siginifikan, maka dibutuhkan strategi untuk mengantisipasi turunnya demand dari penerbangan berjadwal melalui insiatif efisiensi serta optimalisasi lini bisnis charter dan kargo,"imbuhnya. 

Filter