Siloam Berencana Beli Kembali Sahamnya. (01/11/2019)

FAC News

Dorong Kinerja, Mark Dynamics (MARK) Agresif Menambah Pelanggan Baru

Administrator - 03/06/2020 08:32

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mark Dynamics Indonesia Tbk masih getol menambah jumlah pelanggan baru untuk mengerek kinerja di tengah tekanan daya beli akibat pandemi corona.

Pada Mei tahun ini, produsen cetakan sarung tangan ini telah mengantongi sales contract atau kontrak dagang senilai US$ 4 juta dari tiga pelanggan baru asal China.

Presiden Direktur PT Mark Dynamics Indonesia Tbk, Ridwan Goh mengatakan, ketiga pelanggan baru yang telah menyepakati sales contract dengan mereka terdiri atas tiga produsen sarung tangan dengan kapasitas produksi yang cukup besar.

Emiten berkode saham MARK di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu sudah berupaya menjajaki ketiga pelanggan baru tersebut sejak awal tahun ini. Sejatinya langkah itu merupakan bagian dari strategi MARK untuk mengejar target pertumbuhan penjualan tahunan sebesar 15%-20% dibandingkan tahun lalu.

Kami mengharapkan hal ini menjadi repetitive order, berhubung ini juga pelanggan baru kami, kata Ridwan kepada KONTAN, Selasa (2/6).

Mark Dynamics bakal mengapalkan unit cetakan sarung tangan kepada tiga pelanggan baru pada periode Juni hingga Oktober tahun ini. Dengan adanya kontrak tersebut, kontribusi pasar ekspor China dalam penjualan ekspor MARK diperkirakan menjadi 20%-25%.

Sembari mengawal eksekusi pengapalan, manajemen MARK masih akan terus berupaya menjajaki pelanggan anyar. Terlebih, peluang pasar produk cetakan sarung tangan di negara-negara seperti Amerika Serikat, China dan Afrika Selatan, masih teramat besar.

Katalis pendorongnya berasal dari pertumbuhan pabrik sarung tangan baru yang terbilang cukup pesat di wilayah Amerika Serikat, China dan Afrika.

Kondisi tersebut terjadi seiring meningkatnya kebutuhan sarung tangan global di tengah pandemi corona (Covid-19) yang sedang merebak di berbagai negara.

Manajemen Mark Dynamics sudah mendapati sebanyak empar sampai lima calon pelanggan baru dari ketiga negara tersebut yang berminat melakukan pemesanan.

Saat ini, Mark Dynamics sedang menjalani tahap diskusi dengan para calon pelanggan tersebut.

Seandainya nanti sales contract bisa disepakati, proses pengapalan baru bisa dilakukan pada tahun depan, menyusul adanya tambahan kapasitas produksi yang targetnya bisa segera terwujud pada tahun ini.

Pasalnya, tingkat utilitas produksi MARK saat ini sudah mendekati level maksimum dengan persentase sekitar 95% dari total kapasitas produksi terpasang. Syukur-syukur bisa di akhir tahun 2020, imbuh Ridwan.

Filter