APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Mulia Boga (KEJU) Bagi Dividen Rp112,5 M Setara Rp75 per Saham

Administrator - 12/04/2023 14:40

EmitenNews.com - PT Mulia Boga Raya Tbk. (KEJU), produsen Keju Cheddar terbesar di Indonesia dengan merek utama PROCHIZ berencana akan membagikan dividen tunai sekitar 95,9% dari laba 2022 Rp117 miliar. Masing-masing pemegang saham akan mendapatkan total dividen sebesar Rp75 per saham atau Rp112,5 miliar berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) hari ini Rabu (12/4).

Dividen akan dibagikan secara tunai kepada seluruh pemegang saham yang tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan per tanggal 12 Mei 2023.

Direktur Utama PT Mulia Boga Raya Tbk. (KEJU), Paulus Tedjosutikno mengatakan pada tahun lalu perseroan berhasil menjaga fundamental bisnis di tengah kondisi operasional yang penuh tantangan, khususnya dalam menghadapi kenaikan biaya bahan baku yang relatif tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya terutama untuk produk susu.

Selain itu, Perseroan juga melihat adanya perubahan perilaku konsumen dimasa pemulihan pandemi ini, dimana masyarakat terlihat lebih suka menghabiskan waktu untuk makan di luar dibandingkan masak di rumah. Disrupsi preferensi sosial ini tentunya memengaruhi kinerja Perseroan sepanjang 2022.

“Namun berkat kerja keras dan dukungan strategi yang tepat, Perseroan tetap mampu menciptakan kinerja yang baik atas beberapa rencana dan strategi yang telah dirumuskan dan disepakati. Pada tahun 2022, Perseroan berhasil mencatatkan angka penjualan yang relatif stabil sebesar Rp1,044 triliun, tumbuh 0,20% dari tahun sebelumnya yang senilai Rp1,042 triliun,” katanya dalam RUPST 2023, Rabu (12/4/2023).

Adapun kontribusi penjualan terbanyak di tahun ini berasal dari produk keju blok sekitar 80,56% dari total penjualan keseluruhan dan dari kategori keju lembaran memberikan kontribusi sebesar 16,5% dari total seluruh penjualan di tahun 2022.

Sementara itu, jika dibandingkan penjualan 2021, penjualan Keju Blok mengalami penurunan sebesar 4,5%, sedangkan penjualan  Keju Lembaran mengalami kenaikan sebesar 2,9% dibanding tahun 2021.

Dari Segmen Geografis, mayoritas penjualan Perseroan masih di wilayah Domestik, yaitu sebesar 91,5% mengalami penurunan sebesar 2,1% dibanding tahun 2021, sedangkan pertumbuhan penjualan Luar Negeri tahun ini adalah 8,5%, mengalami kenaikan sebesar 2,1% dari tahun 2021.

Sepanjang tahun 2022, KEJU juga secara konsisten terus mengembangkan produk-produk yang inovatif dari waktu ke waktu. adapun produk baru yang diluncurkan pada tahun lalu adalah sebagai berikut Prochiz Quickmelt Slice 5, Prochiz Cheddar Royale, Prochiz Mayo Sachet 18 gr, Prochiz Mayo Pedas 15 gr, Prochiz Mayo 250 ml, Prochiz Gold 30 gr, Prochiz Mozzarella dan Prochiz Cheese Sauce 18 gr.

Sementara itu, dari sisi profitabilitas, Perseroan membukukan laba bersih tahun berjalan sebesar Rp117,37 miliar di tahun ini, menurun 18,89% dari tahun sebelumnya sebesar Rp144,70 miliar Total Aset Perseroan pada tanggal 31 Desember 2022 adalah sebesar Rp860,10 miliar meningkat sebesar 12% dibandingkan tahun 2021.

Filter