APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Minta Restu Buyback Rp120 Miliar, Medco Energi (MEDC) Gelar RUPS Hari Ini

Administrator - 31/05/2023 09:35

EmitenNews.com -PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) berencana melakukan pembelian kembali (buyback) saham sebanyak 100 juta saham atau 0,398 persen dari modal dan disetor perseroan, sehingga tidak akan melebihi 10 persen saham termasuk saham treasuri perseroan saat ini.

"Besarnya dana yang disisihkan perseroan untuk buyback maksimal Rp120 miliar atau USD8 juta," tulis manajemen dalam prospektus perseroan di keterbukaan informasi BEI, Selasa (30/5/2023).

Dana tersebut termasuk biaya transaksi, biaya pedagang perantara dan biaya lainnya sehubungan dengan transaksi pembelian kembali saham yang diperkirakan sebesar Rp200 juta.

Dengan aksi buyback saham ini, manajemen berharap dapat meningkatkan ROE perseroan. Pelaksanaan buyback akan memberikan fleksibilitas yang lebih besar bagi perseroan dalam mengelola modal dan memaksimalkan pengembalian kepada pemegang saham.

Dengan mempertimbangkan pertumbuhan dan perluasan usaha perseroan, buyback saham juga akan memfasilitasi pengembalian kelebihan kas dan dana bagi pemegang saham dengan cara yang efektif dan efisien.

Medco akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan untuk meminta restu atas rencana buyback saham ini kepada para pemegang saham pada 31 Mei 2023. Sehingga pelaksanaan buyback ditargetkan berlangsung paling lama 18 bulan sejak RUPS nantinya menyetujui buyback saham, yakni 31 Mei 2023 hingga 30 November 2023.

Pembelian kembali saham perseroan akan dilakukan dengan harga yang lebih rendah atau sama dengan harga transaksi yang terjadi sebelumnya sesuai ketentuan sebagaimana diatur dalam POJK Nomor 30.

Perseroan telah menunjuk PT BRI Danareksa Sekuritas, selaku perusahaan sekuritas yang ditunjuk untuk melakukan pembelian kembali saham perseroan melalui perdagangan di Bursa Efek Indonesia. Perseroan memperkirakan tidak terdapat efek terhadap penurunan pendapatan atas pelaksanaan buyback.

Filter