APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

MDKA Keluarkan Rp50,8 Miliar Untuk Eksplorasi Di Kuartal I 2021

Administrator - 12/04/2021 13:43

IQPlus, (12/4) - PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) terus melanjutkan kegiatan eksplorasi di tiga daerah berbeda di Indonesia (Tujuh Bukit di Jawa Timur, Pulau Wetar di Maluku Barat Daya, dan Pani di Gorontalo) pada triwulan I 2021.

Menurut keterangan tertulis dari Corporate Secretary Adi Adriansyah menyampaikan bahwa Kegiatan di daerah Tujuh Bukit difokuskan pada sumber daya porfiri tembaga dan emas, di daerah Pulau Wetar difokuskan pada sumber daya tembaga, sementara di daerah Pani difokuskan pada eksplorasi sumber daya emas.

Adapun total biaya yang dikeluarkan untuk mendukung seluruh kegiatan eksplorasi yang dilakukan Merdeka di Indonesia selama periode Triwulan 1 2021 adalah sebesar Rp50,8 miliar.

Untuk komoditas Tembaga dan Emas dilakukan di area Tujuh Bukit, Banyuwangi, Jawa Timur dengan metode pengujian Pengeboran dari bawah tanah dengan pekerjaan tes terkait. Tidak ada pengeboran eksplorasi permukaan yang terjadi pada Triwulan 1 2021. Pemilihan Areal Pengujian yang Diterapkan adalah Area yang dipilih untuk program pengeboran saat ini adalah area UHGZ yang berisi zona terbesar dari hasil pengeboran bermutu tinggi yang berdekatan untuk tembaga dan emas hingga saat ini dan dalam kondisi diposisikan dengan baik untuk pengeboran dari lokasi penurunan saat ini.

Hasil Kegiatan Eksplorasi Pengeboran dari bawah tanah dilanjutkan dengan empat rig bawah tanah melakukan pengeboran definisi sumber daya dengan total 6.850,6 meter. Total pengeluaran untuk kegiatan eksplorasi terkait dengan Upper High Grade Zone (UHGZ) Tujuh Bukit pada periode Triwulan 1 2021 adalah Rp37,1 miliar yang terdiri dari pemeliharaan penurunan, pengeboran definisi sumber daya bawah tanah dan pekerjaan tes terkait.

Untuk eksplorasi tembaga di Pulau Wetar, Maluku Barat dengan Metode Pengujian Pemetaan, pengambilan sampel serpihan batuan serta perencanaan pengeboran geofisika permukaan dan pengeboran target EM regional. Penyelesaian pengeboran geoteknis di sekitar wilayah lubang di Kali Kuning dan pelaksanaan pengeboran sumber daya tambahan di Lerokisserta pengeboran metalurgi pada leach pad, Pemilihan Areal Pengujian yang Diterapkan adalah Area eksplorasi yang dipilih berdasarkan data survei geofisika Elektromagnetik (EM) yang berasal dari udara dan permukaan tanah serta riwayat aktivitas pertambangan yang mengidentifikasi ciri-ciri dari potensi deposit VMS. Total pengeluaran untuk kegiatan eksplorasi terkait dengan proyek Wetar pada periode Triwulan 1 2021 adalah Rp5,9 miliar.

Selanjutnya eksplorasi emas di Provinsi Gorontalo, Sulawesi dilakukan melalui perjanjian kontrak antara Merdeka dan PT Merdeka Mining Servis dengan Metode Pengujian Pemetaan dari riwayat informasi dan hasil dari periode triwulan ini beserta memperbaharui model geologi.

Pemilihan Areal Pengujian yang Diterapkan adalah Area eksplorasi dipilih berdasarkan jarak yang tertera dalam IUP serta dengan Perjanjian Kerja dengan Hasil Kegiatan Eksplorasi mendapatkan Tujuh belas lubang pengeboran dengan total 4.543,95 meter dari 10.500 meter dari empat puluh lubang yang telah direncanakan sebelumnya telah selesai. Total pengeluaran untuk kegiatan eksplorasi terkait dengan proyek Pani pada periode Triwulan 1 2021 adalah Rp7,8 miliar.

Filter