APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Emiten Tommy Soeharto (HUMI) Beberkan Tujuan Beli 2 Kapal Tug Boat

Administrator - 30/08/2024 15:13

EmitenNews.com - Emiten pelayaran milik Tommy Soeharto  PT Humpuss Maritim Internasional Tbk. (HUMI) menyampaikan bahwa telah merealisasikan pengadaan 2 unit kapal tug boat TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6.

Penambahan armada ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk terus meningkatkan layanan di wilayah Indonesia Timur, khususnya di Pelabuhan Tarakan dan Kendari.

Kedua kapal ini sebelumnya disewa oleh anak usaha PT Humpuss Transportasi Curah (HTC), sehingga dengan akuisisi kedua kapal ini diharapkan dapat meningkatkan profitabilitas perusahaan melalui efisiensi operasional yang lebih baik, meskipun tidak berdampak langsung pada pertumbuhan pendapatan (revenue) HTC.

Dengan keputusan untuk mengakuisisi kedua kapal ini, HTC tidak hanya mengurangi biaya sewa yang berkelanjutan, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan kontrol operasional.

"Pembelian TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6 merupakan langkah yang sangat penting dalam strategi kami untuk meningkatkan efisiensi operasional. Meskipun langkah ini tidak akan meningkatkan revenue secara langsung, kami yakin bahwa pengurangan biaya sewa dan peningkatan efisiensi operasional akan berdampak positif pada laba perusahaan," ujar Tirta Hidayat, Direktur Utama HUMI dalam keterangan tertulisnya Jumat (30/8).

Dalam hal pendapatan, pembelian ini tidak akan berdampak signifikan pada revenue HTC, karena TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6 telah digunakan dalam operasional rutin selama masa sewa.

Namun, dari sisi laba, efek positif akan segera terasa berkat pengurangan biaya sewa dan pengelolaan aset yang lebih efisien. Dengan demikian, perusahaan dapat menjaga stabilitas pendapatan sambil secara bertahap meningkatkan margin keuntungan.

"Kami telah mempertimbangkan bahwa dampak dari pembelian ini lebih berfokus pada penguatan bottom line HTC, salah satu anak usaha kami. Dengan stabilitas revenue yang sudah ada, HTC kini bisa lebih fokus pada peningkatan laba melalui efisiensi dan pengelolaan aset yang lebih baik," kata Tirta.

Mendukung Operasional Pelabuhan di Tarakan dan Kendari

TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6 akan terus beroperasi di Pelabuhan Tarakan dan Kendari, yang merupakan pusat penting dalam jaringan logistik nasional. 

Dengan kepemilikan penuh atas kapal-kapal ini, HUMI melalui anak usahanya, HTC dapat memastikan keberlanjutan layanan operasional di kedua pelabuhan tersebut. Hal ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap efisiensi logistik dan daya saing pelabuhan di Indonesia Timur.

TB Anugerah Bersama 5 dan TB Anugerah Bersama 6, keduanya memiliki spesifikasi mesin dan daya sebesar 2x1000 HP sesuai dengan kebutuhan market. Dengan kapasitas tersebut, kedua tug boat ini mampu menangani kapal besar yang masuk dan keluar dari pelabuhan, serta memfasilitasi manuver yang lebih aman dan efisien di area pelabuhan yang padat. 

Filter