APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Eksplorasi ITMG Habiskan Biaya Rp255,6 Juta Pada Januari Hingga Maret 2021

Administrator - 12/04/2021 13:40

IQPlus, (12/4) - PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) menyampaikan pihaknya telah melakukan kegiatan eksplorasi yang dilakukan oleh 2 anak perusahannya yaitu PT. Trubaindo Coal Mining (TCM) dan PT. Indominco Mandiri pada bulan Januari hingga Maret 2021.

"ITMG menyampaikan Operasional pemboran PT. Trubaindo Coal Mining (TCM) dilakukan pada area Blok Utara dan Blok Selatan yang terletak pada Kecamatan Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur oleh pihak Kontraktor Pemboran PT. Geryndo, PT. Saribumi Prima Utama dan PT. Cosyindo," tutur Monika Ida Corporate Secretary ITMG, Sabtu (10/4) .

Pada periode Januari-Maret 2021, baik pada Blok Utara dan Blok Selatan belum dilakukan kegiatan pengeboran preproduction, karena PT TCM sedang melakukan evaluasi rencana pengeboran dan pengembangan area untuk mendukung kegiatan operasional penambangan.

Sedangkan Operasional pemboran PT. Indominco Mandiri dilakukan pada Blok Barat dan Blok Timur yang terletak pada Kecamatan Sangatta Kabupaten Kutai Timur, Kecamatan Marang Kayu Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Bontang Utara dan Selatan Kabupaten Bontang, Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan pemboran dilakukan oleh internal tim pemboran Departemen Geologi yang telah memiliki 2 unit pemboran Dando type 250 dan 210.

Pada periode Januari-Maret 2021, PT. Indominco Mandiri belum melakukan aktivitas pengeboran infill maupun development baik pada Blok Barat dan Blok Timur karena sedang menunggu perizinan terkait akses area dan rencana ijin tebang. Guna mendukung kegiatan penambangan selama bulan Januari-Maret 2021 telah dilakukan pengambilan sampel batubara sebanyak 240 sampel yang didapat dari area existing pit dan ROM. Biaya pengambilan dan uji sample untuk periode bulan Januari-Maret 2021 adalah sebesar Rp255,6 juta.

Dari hasil pemboran pre-production akan dilakukan pembaruan korelasi data lapisan batubara dan perkiraan jumlah batubara yang akan ditambang. Hal ini akan mempengaruhi perhitungan cadangan batubara tahap selanjutnya sebelum dilakukan kegiatan penambangan pada daerah tersebut.

Monica Ida menambahkan "Setelah pemboran pre-production akan dilakukan pemboran development area baru dengan tujuan untuk menambah tingkat keyakinan cadangan batubara,"imbuhnya.

Filter