APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Baru Listing, Saham Emiten Mainan Anak Ini Meroket 25%

Administrator - 06/08/2020 10:17

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan yang bergerak di industri mainan anak-anak, PT Sunindo Adipersada Tbk (TOYS) mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia melalui mekanisme penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO). Perseroan jadi emiten ke-34 yang tercatat di tahun 2020.

Sunindo Adipersada melepas sebanyak 425 juta saham baru kepada publik atau setara 29,62% saham dengan harga penawaran umum Rp 350 per saham. Dengan demikian, dari aksi korporasi ini, perseroan meraup dana segar Rp 148,75 miliar.

Saat listing perdana, Kamis (6/8/2020), saham emiten bersandi TOYS ini naik 24,57% ke posisi Rp 436 per saham. Saham TOYS diperdagangkan dengan volume sebanyak 1.900 unit saham. Saat ini nilai kapitalisasi pasar TOYS di BEI mencapai Rp 625,66 miliar.

 

 

Direktur Utama Sunindo Adipersada, Iwan Tirtha menyatakan seluruh dana hasil IPO akan digunakan untuk modal kerja.


Selain mencatatkan saham, perseroan juga menerbitkan waran seri I sebanyak 170 juta lembar atau sebesar 16,83% dari modal ditempatkan dan disetor penuh perseroan pada saat pendaftaran."Keseluruhan dana hasil IPO akan digunakan oleh perseroan untuk modal kerja guna memenuhi pesanan yang terus meningkat dari tahun ke tahun, di antaranya untuk pembelian bahan baku, biaya produksi dan biaya operasional perseroan," katanya, dalam seremoni pencatatan saham perdana secara virtual.

Waran Seri I ini diberikan secara cuma-cuma kepada para pemegang Saham Baru Perseroan dengan perbandingan 100 saham baru mendapatkan 40 (empat puluh) Waran Seri I.

Menurut Direktur Investment Banking PT NH Korindo Sekuritas, selaku penjamin emisi efek, Amir Suhendro Samirin mengatakan, TOYS telah memperoleh izin efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 24 Juli 2020.

Selama masa penawaran umum pada tanggal 27 Juli 2020 hingga tanggal 29 Juli 2020, saham dapat terserap dengan baik walaupun di tengah masa pandemi Covid-19. TOYS juga masuk dalam kategori saham Syariah oleh OJK.

Sebagai informasi, Sunindo Adipersada didirikan pada 8 Maret 1991. Perseroan menjalankan kegiatan usaha di bidang industri mainan anak-anak/stuffed toys dan memiliki pabrik di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat.

Sebesar 90% dari produk perseroan diekspor ke negara-negara di kawasan Amerika, Eropa, Australia, dan Asia. Sisanya, 10% produk untuk dijual di dalam negeri. Pada 2014, perseroan memiliki dan mengembangkan brand sendiri yaitu OZCO dan sudah didistribusikan di 8 negara.

Filter