APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Bank BNI (BBNI) Kantongi Peringkat 'BBB-'/'AA+(idn)' dengan Outlook Stabil

Administrator - 07/02/2023 10:05

EmitenNews.com—Ini adalah koreksi dari siaran pers yang diterbitkan pada 1 Februari 2023. Ini mengoreksi skor pendapatan dan profitabilitas serta pendanaan dan likuiditas yang disebutkan dalam pendorong peringkat utama di bawah ini.

Fitch Ratings telah mengafirmasi Peringkat Jangka Panjang Issuer Default Rating (IDR) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) 'BBB-' dan peringkat internasional lainnya. Pada saat yang sama, Fitch Ratings Indonesia telah mengafirmasi Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA+(idn)' bank tersebut. Outlook IDR dan Peringkat Nasional Jangka Panjang Stabil. Daftar lengkap tindakan pemeringkatan ada di bawah.

Peringkat Nasional Jangka Panjang 'AA(idn)' menunjukkan ekspektasi akan tingkat risiko gagal bayar yang sangat rendah relatif terhadap emiten atau surat utang lainnya di negara atau kesatuan moneter yang sama. Risiko default yang melekat hanya sedikit berbeda dari emiten atau obligasi dengan peringkat tertinggi di negara tersebut.

 Peringkat Nasional Jangka Pendek 'F1(idn)' mengindikasikan kapasitas paling kuat untuk membayar komitmen keuangan secara tepat waktu relatif terhadap emiten atau obligasi lain di negara yang sama. Di bawah skala Peringkat Nasional agensi, peringkat ini diberikan pada risiko gagal bayar terendah dibandingkan dengan yang lain di negara yang sama. Jika profil likuiditas sangat kuat, tanda "+" ditambahkan ke peringkat yang diberikan.

 Peringkat yang Didorong oleh Dukungan Pemerintah: Peringkat IDR dan Nasional BNI didorong oleh ekspektasi kami akan kemungkinan besar dukungan pemerintah yang luar biasa jika diperlukan, sebagaimana tercermin dalam Peringkat Dukungan Pemerintah (GSR) bank di 'bbb-'. Fitch percaya bahwa pemerintah Indonesia memiliki kemampuan dan kecenderungan yang kuat untuk mendukung bank-bank penting sistemik (D-SIB) domestik Indonesia, termasuk BNI.

 Lingkungan Operasi yang Stabil: Fitch mengharapkan pemulihan ekonomi yang stabil hingga tahun 2024 untuk mendukung prospek bisnis perbankan Indonesia. Profil keuangan terus membaik, dengan akselerasi pertumbuhan pinjaman di atas perkiraan kami untuk tahun 2023. Kami telah mempertahankan skor lingkungan operasi (OE) 'bb+' untuk bank-bank Indonesia, di atas skor kategori tersirat di 'b'. Kami telah menyesuaikan skor ke atas karena peringkat negara Indonesia di 'BBB'/Stabil, yang mencerminkan stabilitas pasar dan ekonomi makro yang lebih besar daripada yang tersirat dalam skor OE.

 Waralaba Domestik Dominan: BNI, bank terbesar keempat di Indonesia, memiliki pangsa pasar sekitar 9% aset sektor perbankan pada akhir 9M22. Bisnis perbankan tradisional difokuskan pada pemberian pinjaman kepada korporasi dan segmen komersial. Kami telah merevisi turun skor profil bisnis menjadi 'bbb-' dari 'bbb', yang mencerminkan posisi struktural BNI versus peer yang lebih besar. Pelanggan terdiri dari sebagian besar peminjam korporasi lapis kedua - bukan perdana - dibandingkan dengan beberapa rekan, dan pangsa pasar kemungkinan akan tetap lebih kecil daripada tiga bank terbesar di Indonesia.

 Menurunkan Selera Risiko. Kami percaya standar penjaminan emisi BNI lebih baik dari rekan-rekan lokalnya, dan pengendalian risiko telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Pertumbuhan pinjaman sejalan dengan rata-rata industri lokal, tetapi pendorong pinjaman dalam beberapa tahun terakhir berasal dari segmen berisiko rendah. Fitch mempertahankan profil risiko bank di 'bb+'.

 Meningkatkan Metrik Kualitas Aset. Kami telah mempertahankan skor kualitas aset BNI di 'bb', sejalan dengan skor kategori yang tersirat. Kami perkirakan pinjaman yang direstrukturisasi akan menurun lebih jauh sementara pinjaman bermasalah (NPL) akan tetap relatif stabil hingga tahun 2024. Rasio NPL turun menjadi 3,0% pada akhir 9M22, dari 3,7% pada tahun 2021, tetapi angka terbaru tetap lebih tinggi dari rasio serupa. rata-rata 2,7%.

Menstabilkan Profitabilitas. Fitch mempertahankan skor laba dan profitabilitas BNI di 'bb'. Kami memproyeksikan laba operasional rata-rata/aset tertimbang menurut risiko (ATMR) tetap berada dalam kisaran menengah 1,25%-4,75%, yang sesuai dengan skor kategori tersirat 'bb'. Kami memperkirakan profitabilitas BNI yang stabil berasal dari biaya kredit yang lebih rendah dan pertumbuhan pinjaman yang berkelanjutan yang dapat mengimbangi sebagian dampak dari penurunan marjin bunga bersih (NIM).

Filter