APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

ASURANSI HARTA (AHAP) INCAR DANA Rp98 MILIAR DARI RIGHTS ISSUE

Administrator - 25/05/2022 09:41

IQPlus, (25/5) - PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk (AHAP) berencana menerbitkan maksimal sebanyak 1,96 miliar lembar saham dengan nilai nominal Rp50 per unitnya dalam aksi korporasi atau Rights Issue.

Dalam prospektus ringkasnya, Manajemen AHAP menuliskan, pihaknya menetapkan harga pelaksanaan di level Rp50 per saham. Dengan demikian, Perseroan mengincar perolehan dana dari hasil Penambahan Modal dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu IV (PMHMETD IV) sekitar Rp98 miliar.

"Jumlah saham yang akan diterbitkan dalam rangka rights issue kali ini sekitar 40,00% dari jumlah seluruh saham yang ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan setelah rights issue tersebut. Artinya, pemegang Saham yang tidak menggunakan haknya akan mengalami penurunan persentase kepemilikan sampai dengan maksimum 40%,"tulis Manajemen AHAP.

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil PHMETD IV ini setelah dikurangi dengan seluruh biaya yang terkait dengan PMHMETD IV, akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja dalam rangka meningkatkan kinerja yang akan ditempatkan pada instrument investasi dengan memperhatikan ketentuan sebagaimana diatur dalam POJK No.71/POJK.05/2016 dan POJK No. 27/POJK.05/2018.

Patut dicermati, rasio dalam aksi korprosi ini adalah tiga banding satu atau setiap pemegang 3 Saham Lama yang namanya tercatat dalam Daftar Pemegang Saham Perseroan pada tanggal 16 Juni 2022 pukul 16.00 WIB berhak atas 2 HMETD, dimana setiap 1 (satu) HMETD memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli sebanyak 1 Saham Baru dengan Harga Pelaksanaan Rp50 per saham.

Berdasarkan Surat Pernyataan dari Pemegang Saham Utama Perseroan yakni PT Asuransi Central Asia tanggal 18 Mei 2022, menyatakan akan mengambil bagian dengan melaksanakan HMETD yang menjadi haknya dalam PMHMETD IV dengan jumlah saham HMETD sebesar 1.218.094.955 saham atau mewakili 62,15% dengan nilai nominal sebesar Rp60.904.747.733,- dari seluruh saham yang dikeluarkan dalam PT Asuransi Harta Aman Pratama Tbk yang menjadi haknya, dengan mengkonversi seluruh Pinjaman Subordinasi sebesar Rp25.000.000.000,- yang telah tercatat dalam Laporan Keuangan per 31 Desember 2021 menjadi setoran modal untuk pengambilan HMETD yang menjadi haknya dan sisanya sebesar Rp35.904.747.733,- akan dibayarkan secara tunai pada saat pelaksanaan PMHMETD ini.

"Dalam rangka PMHMETD IV, tidak terdapat pihak yang bertindak sebagai Pembeli Siaga dan apabila saham yang ditawarkan dalam PMHMETD IV ini tidak seluruhnya diambil oleh Pemegang Saham atau pemegang bukti HMETD, maka sisanya akan dialokasikan kepada Pemegang Saham lainnya yang melakukan pemesanan lebih besar dari haknya secara proporsional berdasarkan atas jumlah HMETD yang telah dilaksanakan oleh masing-masing Pemegang Saham yang meminta penambahan efek berdasarkan Harga Pelaksanaan. Apabila setelah alokasi tersebut masih terdapat sisa saham yang ditawarkan, maka saham tersebut tidak akan dikeluarkan dari portepel"jelasnya.

Filter