» Detail News

Jumat, 06 Oktober 2017 - 09:09:42 WIB

Posting by : Fransiska Lintang
Category    : Corporate News - Reads : 156



JSMR dan WIKA Terbitkan Komodo Bond Bulan November


Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan, dua emiten pelat merah akan segera menerbitkan obligasi global berdenominasi rupiah alias Komodo Bond. Instrumen ini diterbitkan guna mendiversifikasi sumber pendanaan yang akan digunakan untuk keperluan pembiayaan proyek.

Kedua emiten tersebut ialaha PT Jasa Marga Tbk (JSMR) dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). Menurut Rini, JSMR akan menerbitkan Komodo Bond senilai US$ 200 juta atau setara Rp 2,7 triliun sedangkan WIKA akan menerbitkan Komodo Bond senilai US$ 400 juta, setara dengan Rp 5,38 triliun. Rencananya, dua global IDR bond ini akan diterbitkan di London Stock Exchange pada November 2017 mendatang.


Pemerintah mendorong kedua emiten tersebut untuk menerbitkan Komodo Bond agar bisa memanfaatkan sumber pendanaan lain. Pasalnya, proyek infrastruktur membutuhkan biaya yang besar. "Kita tidak bisa konsentrasi pada pendanaan dari dalam negeri saja, tapi kita juga harus memanfaatkan pendanaan dari luar negeri," ujar Rini di Jakarta, Kamis (5/10).

Meski sudah menentukan jumlah, Direktur Utama WIKA Bintang Perbowo mengaku belum menentukan berapa besaran kupon yang ditawarkan. "Kuponnya belum ditentukan karena masih dalam tahap negosiasi. Yang jelas, nilai kuponnya akan lebih tinggi dari global bond berdenominasi dollar Amerika Serikat (AS)," ujar Bintang saat ditemui di kesempatan yang sama.

Penerbitan Komodo Bond ini mengikuti kesuksesan China dan India yang sebelumnya sudah menerbitkan obligasi global berdenominasi mata uang lokal kedua negara ini, yuan dan rupee. Besarnya minat investor pada dim sum bond milik China dan masala bond milik India membuat Indonesia tak mau ketinggalan mencicipi kesuksesan kedua negara tersebut.

Sumber : www.kontan.co.id

  Tag :

jsmr,wika




    Berita Terkait :

  • Wijaya Karya Kantongi Kontrak Baru Rp 30 triliun
  • JSMR Akan Terbitkan Global Bond dan Project Bond
  • Kontrak Baru WIKA Juni Capai Rp 20 Triliun
  • Pundi Lebaran JSMR Tak Signifikan
  • WIKA Kantongi Kontrak Baru Rp 19,98 Triliun