APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

PTBA MANFAATKAN LAHAN BEKAS TAMBANG JADI TAMBAK IKAN

Administrator - 04/07/2022 09:06

IQPlus, (4/7) - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memanfaatkan lahan bekas tambang di kawasan Air Laya, Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enin, Sumatera Selatan, untuk dijadikan tambak ikan yang dikelola warga setempat.

Sekretaris Perusahaan PTBA Apollonius Andwie di Palembang, Sabtu, mengatakan, pemberdayaan warga sekitar areal pertambangan ini merupakan wujud komitmen perseroan dalam menjaga lingkungan dan mengangkat perekonomian masyarakat.

Pembudidayaan ikan ini dikelola 30 orang warga di sekitar areal pertambangan tersebut dengan memanfaatkan areal seluas 2,5 hektare.

Bantuan yang diberikan PTBA meliputi perizinan pengelolaan lahan, pelatihan usaha budidaya ikan air tawar, pembuatan sarana gudang dan penampung benih ikan dan pembinaan manajemen kelompok.

Ada pun jenis ikan yang dibudidayakan yakni lele dumbo, nila, gurame, patin, gabus, dan koi. .Setiap bulan, kurang lebih 200 ribu benih ikan terjual dari tambak ini,. kata dia.

Ia mengatakan PTBA berkomitmen untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan mengurangi dampak negatif bagi lingkungan hidup dalam setiap aktivitas operasional.

Perusahaan menyadari bahwa keberlangsungan usaha untuk jangka panjang tidak semata-mata hanya bergantung pada kemampuan dalam merealisasikan target-target finansial, tetapi juga bergantung pada dukungan masyarakat sekitar areal pertambangan.

Filter