APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

CORE : EKONOMI KUARTAL II TUMBUH 5,44% BUKTIKAN RESILIENCE RI

Administrator - 05/08/2022 14:20

IQPlus, (5/8) - Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Yusuf Rendy Manilet menyatakan realisasi pertumbuhan ekonomi kuartal II 2022 yang mencapai 5,44 persen (yoy) membuktikan resiliensi Indonesia di tengah gejolak dan krisis.

"Kalau dilihat dari kinerja perekonomian kuartal kedua, saya kira posisi Indonesia, terutama perekonomian domestik, cukup resilience," katanya di Jakarta, Jumat.

Yusuf mengatakan resiliensi Indonesia itu terbukti ketika banyak negara saat ini justru mengalami tekanan hingga kontraksi akibat situasi geopolitik yang tidak menentu dan proses pemulihan dari pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

Ia menjelaskan ekonomi nasional yang tumbuh tinggi pada kuartal II ini tidak terlepas dari upaya pemerintah dalam mengendalikan kasus COVID-19 yang relatif baik.

Pengendalian COVID-19 yang baik tersebut, lanjut dia, pada akhirnya mendorong kembali aktivitas perekonomian masyarakat untuk bergeliat, terutama di bulan Ramadhan dan Idul Fitri.

Menurutnya, pola konsumsi masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini cukup baik dan mampu menjadi salah satu pendukung pertumbuhan, meski sempat terdapat kenaikan harga komoditas seperti minyak goreng.

"Kuartal dimana ada bulan Ramadhan dan Idul Fitri itu biasanya menjadi kuartal dengan pertemuan ekonomi yang relatif baik karena ada pola seasonal di sana," ujar Yusuf. 

Filter