APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

BRI BERENCANA BUYBACK SAHAM SENILAI Rp3 TRILIUN

Administrator - 24/01/2022 13:51

IQPlus, (24/2) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) berencana menggelar akasi korporas di pasar modal melalui pembelian kembali saham Perseroan (Buyback).

Dalam prospektus ringkasnya yang dipublikasikan, Senin (24/1), disebutkan bahwa jumlah nilai nominal seluruh Buyback diperkirakan sebesar-sebesarnya Rp3 triliun. Buyback dilakukan melalui BEI, baik secara bertahap maupun sekaligus, dan diselesaikan paling lambat 18 bulan sejak tanggal Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Tahun 2022 (RUPST).

"Buyback dilaksanakan setelah memperoleh persetujuan dari OJK dengan memperhatikan kondisi likuiditas serta permodalan Perseroan dan peraturan yang berlaku,"tulis Manajemen BBRI.

Patut dicatat, Perkiraan tanggal RUPST pada 1 Maret 2022, dengan demikian perkiraan periode Buyback mulai tanggal 1 Maret 2022 hingga tanggal 31 Agustus 2023. Buyback diyakini tidak mempengaruhi kondisi keuangan Perseroan.

"Modal kerja Perseroan sampai dengan saat ini memadai untuk membiayai kegiatan usaha,"tegas Manajemen BBRI.

Saham hasil Buyback akan digunakan untuk program kepemilikan saham Pekerja dan/atau Direksi dan Dewan Komisaris Perseroan. Alokasi saham hasil Buyback untuk program tersebut dirancang bertahap dimulai pada tahun 2022. Untuk itu, Perseroan menyusun perkiraan jadwal dan rencana pelaksanaan program yang berkelanjutan.

"Dengan demikian, pada saat proses pengalihan saham hasil Buyback, Perseroan akan menghentikan sementara Buyback melalui BEI. Selaras dengan itu, Perseroan akan melanjutkan kembali Buyback setelah pengalihan sebagian saham hasil Buyback dilakukan. Pelaksanaan Buyback diselesaikan paling lambat 18 bulan sejak tanggal RUPST yang menyetujui Buyback,"paparnya.

Filter