APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Trans Power (TPMA) Caplok 65 Persen Bahtera Energi, Ini Tujuannya

Administrator - 18/07/2024 14:23

EmitenNews.com - PT Trans Power Marine Tbk (TPMA) menyampaikan bahwa telah mengakuisisi 65% saham PT Bahtera Energi Samudra Tuah (BEST) senilai USD32,500,000 atau sekitar Rp510,250,000,000. 

Hal ini diumumkan oleh manajemen TPMA dalam keterangan tertulis pada yang dikutip pada Kamis (18/7/2024).

Saham yang diakuisisi sebelumnya dimiliki oleh PT Patin Resources (PR), yang terafiliasi dengan TPMA melalui PT Dwitunggal Perkasa Mandiri, pemegang saham pengendali Perseroan. 

Ini menjadikan akuisisi tersebut sebagai transaksi afiliasi sesuai dengan regulasi OJK dalam POJK No.42/POJK.04/2020.

 

Manajemen TPMA menjelaskan bahwa akuisisi ini bertujuan untuk memberikan nilai tambah dan dampak positif bagi keberlangsungan bisnis TPMA, memperkuat pertumbuhan, dan meningkatkan daya saing perusahaan. 

Sebelum akuisisi, TPMA hanya mengandalkan aset perseroan sendiri. Dengan aset baru ini, bisnis TPMA diharapkan berkembang dan pangsa pasar semakin luas.

Akuisisi ini juga diharapkan menghasilkan sinergi antara TPMA dan BEST untuk meningkatkan pendapatan dan kinerja, yang pada akhirnya diharapkan berdampak positif pada laba bersih dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.

Kegiatan usaha BEST meliputi bidang Angkutan Laut, dengan kantor pusat di Equity Tower Lt.43 F-G, Jl. Jend Sudirman Kav 52-53 SCBD Lot 9, Senayan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

TPMA sering bekerja sama dengan BEST, yang mempermudah penyesuaian operasional dan koordinasi antar pemegang saham, memungkinkan pelaksanaan transaksi secara efisien, termasuk dalam proses due diligence.

Sebagai perusahaan terbuka, TPMA menekankan bahwa prinsip-prinsip kewajaran diterapkan dalam transaksi ini, mirip dengan transaksi dengan pihak ketiga.

Filter