APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

TEBE Alokasikan Capex Rp47,6M Buat Ekspansi

Administrator - 13/05/2024 13:41

EmitenNews.com - PT Dana Brata Luhur Tbk (TEBE), perusahaan emiten batu bara, telah mengalokasikan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp47,6 miliar untuk tahun ini. Dana tersebut akan digunakan untuk mendukung rencana ekspansi perseroan pada tahun ini, terutama dalam mendukung diversifikasi bisnis.

Perubahan status PT Talenta Bumi Port dari pelabuhan khusus batu bara menjadi pelabuhan umum menjadi salah satu faktor yang mendorong rencana ekspansi ini. Direktur Utama Dana Brata Luhur (TEBE), Dian Heryandi, menjelaskan bahwa perubahan status tersebut akan memungkinkan perseroan untuk merambah ke pengangkutan komoditas lainnya hingga penumpang.

Selain itu, perseroan juga tengah mempersiapkan rencana strategis untuk diversifikasi ke sektor lainnya, seperti pasir silika dan carbon credit. Namun, kedua rencana tersebut masih dalam tahap kajian.

Pada tahun 2024, perseroan membidik pengangkutan batu bara sebanyak 9,5 juta ton dengan target pendapatan sebesar Rp522,5 miliar. Namun, Dian menambahkan bahwa target pendapatan telah diturunkan seiring dengan situasi geopolitik dan turunnya harga batu bara.

Langkah perseroan ini menunjukkan komitmennya dalam menghadapi tantangan pasar yang dinamis dan berbagai perubahan dalam industri batu bara. Dengan alokasi dana capex yang signifikan dan rencana ekspansi yang matang, TEBE berharap dapat tetap berkembang dan berkontribusi positif bagi industri dan perekonomian nasional.

Filter