APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Pyridam Farma (PYFA) Rampungkan Akuisisi Farmasi Australia AUD251 Juta

Administrator - 20/06/2024 14:18

EmitenNews.com - PT Pyridam Farma Tbk (PYFA) telah menuntaskan pembelian 100% saham perusahaan farmasi Australia, Probiotec Ltd, pada 18 Juni 2024. 

Corporate Secretary PYFA, Nadia Miranty Verdiana, menyampaikan dalam keterangan tertulis pada Kamis (20/6) bahwa akuisisi ini dilakukan melalui anak usahanya, PYFA Australia Pty Ltd (PAPL). Total nilai transaksi mencapai AUD251,32 juta dengan harga AUD3,00 per saham.

Nadia menjelaskan bahwa pengambilalihan ini dilakukan melalui mekanisme Scheme, yaitu pengambilalihan saham dalam perusahaan target berdasarkan putusan pengadilan Australia. Putusan ini mewajibkan seluruh pemegang saham Probiotec untuk menjual dan mengalihkan saham mereka kepada PAPL.

"Dengan penyelesaian transaksi ini, PAPL telah secara efektif memiliki 100% saham Probiotec. Pengambilalihan ini memenuhi batasan nilai transaksi material sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 17/POJK.04/2020," jelas Nadia.

Melalui akuisisi ini, PYFA diharapkan menerima berbagai manfaat, termasuk ekspansi pasar yang memungkinkan perusahaan menjangkau pasar yang lebih luas dan meningkatkan pangsa pasar internasional. 

Selain itu, PYFA akan mendapatkan akses ke teknologi, riset, dan pengembangan (R&D) yang lebih maju. Hal ini dapat menghasilkan sinergi positif yang menguntungkan.

Akuisisi ini juga diperkirakan akan meningkatkan efisiensi operasional PYFA. Dengan skala ekonomis yang lebih besar, PYFA bisa meraih efisiensi dalam rantai pasokan dan produksi. 

Akses ke sumber daya Probiotec seperti fasilitas produksi modern, jaringan distribusi yang luas, dan sumber daya lainnya juga akan dimanfaatkan untuk menghasilkan sinergi yang positif.

Nadia menambahkan bahwa akuisisi ini memberikan kesempatan bagi PYFA untuk memanfaatkan sumber daya Probiotec, seperti fasilitas produksi modern dan jaringan distribusi yang lebih baik.

Filter