APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

PENDAPATAN BERSIH MAPI TUMBUH 26,4% HINGGA SEPTEMBER 2023

Administrator - 31/10/2023 09:08

IQPlus, (31/10) - PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), peritel mul$-channel branded commerce terkemuka di Indonesia, hari ini mengumumkan pertumbuhan kinerja dan laba bersih untuk periode 9M 2023, menunjukkan momentum yang stabil pada sebagian besar unit bisnis Perusahaan.

Sepanjang periode 9M, pendapatan bersih MAPI tumbuh sebesar 26,4% YoY menjadi Rp23,8 triliun dari Rp18,8 triliun, dengan margin laba kotor naik menjadi 45,6% dari 45,1% pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Laba usaha naik 17,8% YoY menjadi Rp2,6 triliun, dan EBITDA mencapai Rp4,4 triliun, peningkatan dari Rp3,9 triliun yang tercatat pada periode yang sama di 2022.

Tanpa one-me gain dari divestasi Burger King senilai Rp309 miliar (setelah pajak) yang terjadi pada Q1.22, laba in] yang mewakili kinerja operasional Perusahaan melonjak 20,2% YoY menjadi Rp1,8 triliun.

Pada kuartal ke-]ga, MAPI mencatat peningkatan pendapatan bersih sebesar 24,7% YoY menjadi Rp8,2 triliun dari Rp6,6 triliun. GPM sedikit menurun ke 46,2% dari 46,5%, sementara laba usaha dan EBITDA masing-masing tercatat sebesar Rp832 miliar dan Rp1,4 triliun. Pada bo3om-line, laba bersih MAPI mengalami peningkatan menjadi Rp577 miliar, dibandingkan Rp569 miliar yang tercatat di tahun sebelumnya.

Ra]h D. Gianda, VP Investor Rela]ons, Corporate Communica]ons, and Sustainability MAP Group menyatakan, .Selama periode ini, kami melihat pertumbuhan solid di seluruh Grup, didukung oleh model bisnis mul$-brand MAPI yang beragam dan ketahanan basis konsumen. Secara umum, kami juga mengama] tren posi]f dalam indikator makroekonomi secara keseluruhan. Target utama kami, terutama di segmen menengah ke atas, juga telah menunjukkan peningkatan kepercayaan konsumen berkat fondasi yang kuat.

Faktor-faktor ini mendorong peningkatan jumlah pengunjung dan permintaan konsumen terhadap produk kami".

MAPI secara konsisten telah mengalami peningkatan jumlah pelanggan yang berkunjung ke gerai. Periode "Back to School" pada bulan Juli mendapat tanggapan posi]f, dan momen ini menunjukkan kemampuan Perusahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya secara efek]f. Selain itu, MAPI terus fokus untuk membangun kemitraan strategis dengan sejumlah brand internasional terkemuka.

Perusahaan memperkuat keberadaannya dengan membuka gerai Zara pertama di Makassar. Di luar Indonesia, MAPI juga meluncurkan gerai Zara pertama di Kamboja, serta gerai Foot Locker pertama di Thailand dan Vietnam, menjadikan MAPI sebagai salah satu des]nasi utama untuk fashion dan sportswear premium di negara-negara tersebut.

Sebagai pengakuan terhadap kinerja Perusahaan, baik MAPI maupun PT Map Ak]f Adiperkasa Tbk (MAPA) telah masuk ke dalam indeks-indeks utama - MAPI di IDX LQ45 dan MAPA di Indeks FTSE (Financial Times Stock Exchange) Global Equity dan Indeks FTSE Global Equity Shariah. Hal ini menjadi buk] atas kekuatan keuangan dan dominasi pasar dari MAP Group.

"Kinerja MAPI dalam sembilan bulan tahun 2023 mencerminkan komitmen Perusahaan yang mendalam untuk memahami dan melayani kebutuhan yang terus berkembang dari beragamnya konsumen kami. Dengan memanfaatkan plaiorm mul$-channel, meningkatkan program digitalisasi, dan meningkatkan penggunaan data analy$cs, MAPI siap untuk pertumbuhan berkelanjutan di tengah industri ritel yang dinamis," ungkap Ratih menyimpulkan.

Filter