APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

MIND ID KINI RESMI JADI PEMEGANG SAHAM TERBESAR VALE INDONESIA (INCO)

Administrator - 03/07/2024 09:59

IQPlus, (3/7) - PT Mineral Industri Indonesia (Persero) (MIND ID telah menyelesainan transaksi pembelian 14% saham divestasi PT Vale Indonesia Tbk (INCO) dari Vale Canada Limited (VCL) dan Sumitomo Metal Mining Co., Ltd. (SMM) pada 28 Juni 2024.

Natasya Suherto Corporate Secretary VALE dalam keterangan tertulinsnya Selasa (2/7) menuturkan bahwa MIND ID telah merampungkan pengambilan bagian atas saham baru sebagai pelaksanaan atas seluruh Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) yang diperoleh MIND ID dalam aksi korporasi tersebut PT Vale dan pembelian oleh MIND ID atas sebagian saham lama milik VCL, SMM, dan Vale Japan Limited di PT Vale.

Lebih lanjut Natasya memaparkan MIND ID telah mengakuisisi dan menerima saham tambahan di PT Vale sebanyak 1.596.265.945 lembar saham atau setara dengan sekitar 14% dari seluruh saham yang disetor dan ditempatkan di PT Vale, sehingga, berdasarkan data per tanggal 1 Juli 2024 dari PT Bima Registra selaku Biro Administrasi Efek PT Vale, MIND ID menjadi pemegang saham terbesar PT Vale dengan kepemilikan saham sebanyak 3.583.533.690 lembar saham atau setara dengan 34,03% dari seluruh saham yang disetor dan ditempatkan di PT Vale.

Adapun VCL menjadi pemegang saham terbesar kedua PT Vale dengan kepemilikan sebanyak 3.570.993.764 lembar saham atau setara dengan 33,91% dari seluruh saham yang disetor dan ditempatkan di PT Vale.

Pelaksanaan Transaksi Pengambilalihan oleh MIND ID tersebut dilakukan berdasarkan kebijakan Pemerintah secara tertulis melalui surat penunjukan dimana Pemerintah menunjuk MIND ID sebagai wakil Pemerintah dalam pelaksanaan Kewajiban Divestasi Saham dan mensyaratkan MIND ID untuk mengendalikan PT Vale secara bersama-sama dengan VCL (joint control).

Oleh karena itu, setelah penyelesaian Transaksi Pengambilalihan, MIND ID dan VCL sebagai pengendali bersama (joint controllers) atas PT Vale dikecualikan dari kewajiban untuk melakukan penawaran tender wajib sesuai dengan ketentuan Pasal 23 huruf (k) Peraturan OJK No. 9/POJK.04/2018.

Natasya menambahkan setelah penyelesaian Transaksi Pengambilalihan, MIND ID dan VCL menjadi pengendali bersama (joint controllers) atas PT Vale berdasarkan kepemilikan saham MIND ID dan VCL di PT Vale. 

Filter