APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

LABA BERSIH BSBK TUMBUH 203% JADI Rp39,8 MILIAR DI SEMESTER I 2024

Administrator - 23/07/2024 09:32

IQPlus, (23/7) - PT Wulandari Bangun Laksana Tbk (BSBK) mencatatkan laba bersih senilai Rp39,8 miliar pada semester I- 2024, atau meningkat 203,8 persen year on year (yoy) dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang senilai Rp13,1 miliar.

Direktur BSBK Daniel Wirawan dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin, mengatakan peningkatan laba bersih perseroan tidak terlepas dari faktor eksternal dan internal.

"Dari sisi eksternal, kondisi usaha saat ini jauh membaik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) membuat lebih banyak pendatang mengunjungi Balikpapan, karena kota ini merupakan penyangga terdekat bagi IKN, sehingga permintaan akan hunian meningkat. Dari sisi internal, perseroan juga berhasil melakukan efisiensi beban pokok pendapatan yang cukup signifikan," ujar Daniel.

Pada semester I-2024, penjualan dan pendapatan usaha perseroan tercatat senilai Rp170,7 miliar, atau meningkat 9,71 persen ...(yoy) dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang senilai Rp155,6 miliar.

Daniel menjelaskan, peningkatan pendapatan perseroan ditopang oleh lonjakan penjualan apartemen yang mencapai 51,58 persen (yoy) dibandingkan tahun 2023.

Selain itu, lanjutnya, kenaikan pendapatan usaha juga berkontribusi besar, terutama ditopang oleh dua pusat perbelanjaan milik perusahaan.

Ia menjelaskan, Mall E-Walk dan Mall Pentacity mengalami kenaikan tingkat hunian (occupancy rate) masing-masing mencapai 97,91 persen dan 82,82 persen pada semester I-2024, dibandingkan dengan 95,80 persen dan 79,26 persen pada periode yang sama tahun lalu.

Lanjutnya, faktor eksternal seperti pembangunan IKN Nusantara juga berkontribusi terhadap peningkatan kinerja keuangan perseroan, diantaranya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi di kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Tingginya arus pendatang dari luar kota ke Balikpapan terkait pembangunan IKN menyebabkan meningkatnya kebutuhan hunian. Termasuk apartemen yang ditawarkan di kawasan BSBK, baik untuk dibeli maupun disewa," ujar Daniel. 

Filter