FAC News

Genjot Bisnis IndiHome, Telkom (TLKM) Tawarkan Paket Lebih Murah
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) alias Telkom tak hanya andalkan bisnis Telkomsel. Emiten bersandi TLKM ini juga menggenjot bisnis IndiHome, anak usahanya yang kian membesar.
IndiHome berbisnis paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (internet on fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (USee TV Cable, IP TV).
Kontribusi pendapatan IndiHome bagi Telkom mencapai Rp 13,7 triliun, naik 52,1% yoy hingga kuartal III-2019. Sementara pendapatan Telkom hingga kuartal III-2019 tercatat Rp 102,63 triliun.
Kali ini, Telkom terus menggenjot bisnis IndiHome dengan menargetkan pelanggan 8,3 juta pelanggan pada 2020. Adapun sampai akhir 2019, pelanggan Indihome sebanyak 7 juta.
Direktur Consumer Service Telkom Siti Choirina bilang, Telkom menargetkan pendapatan IndiHome tahun ini mampu tumbuh 20% secara tahunan. "Kami optimistis bisa mencapai target," kata dia, Senin (24/2).
Sebagai catatan, tahun lalu IndiHome mencetak pertumbuhan pelanggan sekitar 1,9 juta orang atau setara 37,25% dari 5,1 juta pada tahun 2018, menjadi 7 juta.
Guna mencapai target 2020, Indihome akan meningkatkan infrastruktur 100% fiber hingga menjangkau 514 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Per akhir tahun lalu, infrastruktur jaringan IndiHome telah tersebar di 489 kota dan kabupaten.Penambahan dari 489 menjadi 514 kota dan kabupaten mayoritas berada di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar). Sebagian akan dibangun di Papua, Sulawesi, Kepulauan Maluku, dan perbatasan Sumatra yang di ujung-ujung," ungkap Siti.
IndiHome juga akan menjangkau kawasan tertentu seperti indekos dan rumah susun dengan menghadirkan produk baru bernama IndiHome Lite. Hal ini dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih bawah.
"Ada peluang 69 juta rumah di Indonesia. Makanya kami harus masuk di layer berikutnya, dengan menghadirkan IndiHome Lite," ucap dia.
IndiHome Lite bisa dinikmati dengan biaya Rp 199.000 per bulan. Pelanggan akan mendapatkan akses internet dengan kecepatan 10 mbps, telepon 50 menit, dan IPTV dengan 33 saluran. Syaratnya, layanan ini mengharuskan minimal pemasangan untuk dua pelanggan alias dua rumah.
Untuk segmen apartemen dan premium cluster, Indihome akan fokus menyediakan secara cepat, jaringan fiber ke lokasi tersebut. Indihome akan menawarkan business model partnership yang baru dan menarik untuk segmen tersebut.
Selain itu juga ada peningkatan layanan perbaikan cepat dan memperluas penggunaan aplikasi myIndihome. Telkom juga akan menambah saluran pembayaran IndiHome terutama dengan bank-bank daerah dan financial technology (fintech). Sejauh ini, IndiHome telah bekerja sama dengan 61 bank, 18 toko retail, lima e-commerce, dan dua sistem pembayaran digital, yakni LinkAja dan Gopay.