APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

CHAMPION PACIFIC (IGAR) SIAPKAN DANA Rp22,63 MILIAR UNTUK BUYBACK SAHAM

Administrator - 08/11/2023 13:59

IQPlus, (8/11) - PT Champion Pacific Indonesia Tbk (IGAR) berencana melakukan pembelian kembali saham (buyback saham) yang telah dikeluarkan dan tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI)

Manajemen IGAR dalam keterangan tertulisnya Selasa (8/11) menyampaikan bahwa Perseroan berencana untuk melakukan buyback dengan alokasi dana sebesar Rp22.635.000.000 dari kas internal untuk membeli sebanyak 50.000.000 lembar saham atau 5.14% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor penuh dalam Perseroan.

Lebih lanjut Manajemen memaparkan sesuai dengan POJK No. 30/2017, jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 10% dari jumlah modal yang ditempatkan serta akan dilakukan secara bertahap dalam waktu paling lama 18 bulan setelah disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa.

"Pelaksanaan buyback ini merupakan salah satu bentuk usaha Perseroan untuk meningkatkan likuiditas dan kinerja sahamnya, memberikan fleksibilitas yang besar kepada Perseroan dalam mengelola modal untuk mencapai struktur permodalan yang efisien, serta meningkatkan kepercayaan investor melalui tingkat pengembalian yang lebih baik bagi pemegang saham Perseroan melalui peningkatan Laba Per Saham (Earning Per Share),"tuturnya.

Harga penawaran untuk buyabnck akan dilakukan dengan ketentuan harga yang lebih rendah atau sama dengan harga transaksi yang terjadi sebelumnya. Berkenaan dengan hal tersebut, maka dampak terhadap biaya operasional Perseroan tidak akan material, sehingga laba-rugi diperkirakan masih sejalan dengan target Perseroan. Selain itu, potensi kerugian dari pengalihan aset berupa kas menjadi saham treasuri tidak akan mempengaruhi pendapatan perusahaan secara signifikan.

Perseroan berkeyakinan bahwa pelaksanaan transaksi buyback tidak akan memberikan dampak negatif yang material terhadap kegiatan usaha Perseroan mengingat Perseroan memiliki modal kerja dan arus kas yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi bersamaan dengan kegiatan usahanya.

Untuk melancarkan buyback ini, maka IGAR akan meminta persetujuan pemegang saham dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa yang akan digelar pada tanggal 15 Desember 2023.

Filter