APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

Buyback, Trimegah (NCKL) Siapkan Belanja Rp1 Triliun

Administrator - 18/07/2024 09:11

EmitenNews.com - Trimegah Bangun Persada (NCKL) menyiapkan anggaran Rp1 triliun. Dana taktis tersebut disiagakan untuk aksi pembelian kembali saham alias buyback. Bujet sebesar itu, sudah termasuk biaya perantara pedagang efek, dan biaya lainnya. 

Rencana buyback akan didasarkan pada harga saham kala melakukan pembelian kembali saham. Perkiraan jumlah saham akan dibeli antara 1-2 persen dari total saham perseroan. Itu selevel dengan 630 juta helai hingga 1,26 miliar lembar dengan total nominal Rp63 miliar hingga Rp1,26 triliun. 

Selanjutnya, dasar perhitungan atas jumlah saham maupun jumlah nilai suatu saham buyback berdasar pada, kalau buyback melalui Bursa Efek Indonesia harga buyback harus lebih rendah atau sama dengan transaksi sebelumnya.

Kalau pembelian kembali saham dilakukan di luar Bursa Efek Indonesia, harga buyback paling tinggi sebesar harga rata-rata dari harga penutupan perdagangan di bursa selama 90 hari terakhir sebelum pelaksanaan buyback. 

Namun, hingga detik ini, rencana tersebut belum bisa dieksekusi. Padahal, rencana itu, telah mengantongi izin dari investor via rapat umum pemegang saham tahunan pada 27 Juni 2024 lalu. ”Sampai saat ini, perseroan masih mempertimbangkan waktu terbaik untuk merealisasikan rencana buyback tersebut,” tegas Franssoka Y. Sumarwi, Legal Manager & Corporate Secretary Trimegah Persada. 

Selain itu, perseroan juga masih mempertimbangkan opsi terbaik terhadap saham hasil buyback. Skemanya bisa dijual di bursa efek atau di luar bursa, ditaria kembali dengan cara pengurangan modal, pelaksanaan/penyelesaian atas transaksi tertentu, pelaksanaan konversi efek bersifat ekuitas yang diterbitkan perseroan, distribusi saham hasil buyback kepada pemegang saham secara proporsional, dan lainnya.

Filter