APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

ANAK USAHA RMBA JUAL ASET MESIN KEPADA BAT BANGLADESH

Administrator - 27/11/2023 14:10

IQPlus, (27/11) - PT Bentoel Internasional Investama Tbk (RMBA) melalui anak usahanya yaitu PT. Bentoel Prima (BP) telah menjual Mesin kepada BAT Bangladesh 25 November 2023.

Manajemen RMBA dalam keterbukaan informasi Senin (27/11) menyampaikan bahwa RMBA melalui BP menjual aset mesin Tray Discharger Magomat 80R dan Rod Transfer senilai Rp3,47 miliar yang berlokasi di Malang kepada BAT Bangladesh.

Lebih lanjut Manajemen RMBA memaparkan bahwa hal ini dilakukan dengan pertimbangan mesin yang tidak digunakan untuk operasional BP dinilai tidak produktif, oleh karena itu aset-aset yang dinilai tidak produktif secara bisnis akan menguntungkan BP jika aset tersebut dijual.

"Dana hasil penjualan aset tidak produktif tersebut dapat mendukung pendanaan (modal kerja) untuk kegiatan operasional BP,,"tuturnya.

Sebagai informasi, BP adalah anak usaha RMBA dengan kepemilikan saham sebesar 99,9% dari keseluruhan modal yang dikeluarkan dan disetor dalam BP sedangkan British American Tobacco (2009 PCA) Limited dengan BAT Bangladesh sama-sama dikendalikan oleh British American Tobacco p.l.c. sehingga transaksi ini merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK 42/2020.

Manajemen RMBA menambahkan pertimbangan BP menjual aset-aset yang tidak produktif kepada pihak afiliasi adalah kemudahan dalam hal negosiasi transaksi jual beli dan sama-sama memiliki visi bisnis yang sama dengan Perseroan. 

Filter