APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

ANAK USAHA MNC VISION NETWORK (IPTV) JUAL ASET SENILAI Rp3,3 TRILIUN

Administrator - 20/11/2023 13:52

IQPlus, (20/11) - PT MNC Kabel Mediacom (MKM), anak usaha PT MNC Vision Network Tbk (IPTV) berencana melepas aset total Rp3,3 triliun. Sebagian aset tersebut akan dijual kepada PT Asianet Media Teknologi dan PT Indosat Tbk (ISAT).

Dalam prospektus ringkas dijelaskan bahwa dalam perjanjian tersebut, MKM akan menjual serta mengalihkan sebagian aset berupa jaringan fixed broadband (aset MNC Play) senilai Rp2,42 triliun kepada Asianet. Selanjutnya, penjualan dan pengalihan khusus pelanggan aset MNC Play kepada Indosat senilai Rp 876,8 miliar, yang telah dibayar pada 15 November 2023.

"Jadi total nilai penjualan aset itu sebesar Rp3,3 triliun. Adapu penyelesaiannya akan dilakukan secara bertahap," tulis Manajemen IPTV, dalam prospektus ringkasnya yang dikutip, Senin (20/11).

Pasalnya, penjualan aset ini sebagai langkah pengembangan bisnis berupa video dan konten. Selain itu, bisnis penyelenggara jaringan fixed broadband yang akan dilepas juga merupakan industri padat modal. Dengan menjual aset itu, maka IPTV diperkirakan dapat mewujudkan keuntungan nantinya.

Melalui dana hasil penjualan aset, perseroan berpeluang melakukan investasi bisnis baru dengan, yang nantinya dapat meningkatkan kinerja keuangan konsolidasian, dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh pemegang saham Perseroan.

Sebagai informasi, transaksi ini memiliki dampak keuangan, yaitu berupa penerimaan kas bersih dari transaksi, yang akan meningkatkan current ratio dari 1,27 kali menjadi 3,33 kali, serta menambah likuiditas perseroan. 

Filter