APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

ADI SARANA ARMADA (ASSA) PERKUAT MODAL PADA PT KEDAI PANGAN SEJAHTERA

Administrator - 10/06/2024 09:15

IQPlus, (10/6) - PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) berencana melakukan investasi melalui mekanisme penyetoran modal saham pada entitas asosianya yaitu PT, Kedai Pangan Sejahtera (KPS).

Jerry Fandy Tunjungan Corporate Secretary ASSA dalam keterngan tertulisnya Jumat (7/6) menuturkan bahwa ASSA melakukan penyetoran modal saham pada PT, Kedai Pangan Sejahtera (d/h PT. Kedai Sayur Indonesia sebanyak 65.743 saham seri D atau sebesar Rp6,54 miliar setara dengan 23,65% dengan harga pengambilalihan per lembar saham sebesar Rp2,28 juta sehinnga total seluruhnya menjadi Rp150.002.515.950.

Lebih lanjut Jerry memaparkan Manajemen ASSA berkeyakinan bahwa latar belakang transaksi ini merupakan bagian dari rencana investasi Perseroan dan akan menjadikan ASSA enjadi perusahaan yang baik dan memiliki potensi pengembangan usaha di masa mendatang sedangkan saham seri D merupakan saham preferen dalam hal terjadi likuidasi dibandingkan saham biasa atau saham seri lainnya, seperti dividen dan hak suara.

Sebagai informasi, KPS berkedudukan di Kota Jakarta Selatan dan bergerak bidang portal web dan/atau platform di8ital dengan tujuan komersial dan di bidang perdagangan eceran khusus komoditas makanan dari hasil pertanian, peternakan, kehutanan, perburuan, dan bermacam barang lainnya. Melalui entitas anaknya yaitu PT. Mitra Kerja Andalam (MKA), KPS juga menjalankan kegiatan perdagangan besar buah-buahan.

"Transaksi ini dilakukan dengan pertimbangan untuk memperluas usaha ASSA di sisi logistik yang terintegrasi. Perseroan juga selanjutnya dapat memperlebar pelayanan logistik yang terintegrasi ke KPS dan rekan-rekan strategisnya yang memiliki kapabilitas dalam distribusi bahan makanan dan pergudangan,"tuturnya.

Dengan adanya penyertaan ini, ASSA berharap dapat memberikan nilai tambah pada lini bisnisnya yang pada gilirannya akan memberikan hasil lebih bagi pemangku kepentingan baik di Perseroan dan ekosistem KPS disamping itu ASSA akan mendapatkan akses ke ekosistem KPS yang dapat menciptakan keuntungan mutual bagi anak usaha ASSA yaitu Anteraja dimana KPS dapat menggunakan iaringan Anteraia dalam distribusi produk KPS, dan juga memaksimalkan Iini bisnis logistik di PT Adi Sarana Transportasi untuk melakukan kolaborasi dengan rekan-rekan strategis KPS yang bergerak di bidang distribusi.

Jerry menambahkan Potensi risiko yang bisa dihadapi dari transaksi tergolong rendah karena masing-masing bisnis telah melakukan bisnis dengan baik, sehingga kolaborasi ini justru membawa potensi sinergi yang lebih baik dikemudian hari.

Filter