APLN Siap Percepat Pembangunan Proyek Propertinya Di IKN

FAC News

ADARO MINERALS (ADMR) TINGKATKAN MODAL DI ALAM TRI CAKRA

Administrator - 03/01/2024 10:11

IQPlus, (3/1) - PT Adaro Minerals Indonesia Tbk. (ADMR) menyampaikan adanya peningkatkan modal pada PT Alam Tri Cakra Indonesia (ATCI) pada tanggal 28 Desember 2023.

Manajemen ADMR dalam keterangan tertulisnya Selasa (2/1) menuturkan bahwa ATCI telah melakukan peningkatan modal dengan mengeluarkan saham baru sebanyak 376.687 saham dengan total nilai nominal sebesar Rp376,68 miliar yang seluruhnya diambil bagian dan disetor penuh oleh ADMR.

Lebih lanjut Manajemen ADMR memaparkan Transaksi ini dilakukan sebagai strategi pengembangan struktur ADMR untuk mendukungrencana ekspansi di masa depan. Dengan memiliki saham pada ATCI, ADMR dapat memperoleh tambahan kontribusi pendapatan ketika pengembangan usaha telah dilakukan terhadap ATCI.

"Transaksi ini berkaitan dengan langkah strategis Grup Adaro untuk menyelaraskan unit-unit bisnis dengan lini usaha untuk menciptakan struktur organisasi yang lebih kuat dan efisien, serta memberikan fleksibilitas bagi Grup Adaro dalam memformulasikan strategi bisnis jangka panjang,"tuturnya.

Sebagai informasi, ATCI adalah suatu perseroan terbatas yang 99,999% sahamnya dimiliki secara langsung dan tidak langsung oleh PT Adaro Energy Indonesia Tbk (AEI) dimana AEI memiliki 83,839% saham secara langsung maupun tidak langsung pada ADMR sehingga merupakan transaksi afiliasi sesuai regulasi OJK dalam POJK 42/2020

Pasca peningkatan modal maka ADMR memiliki sebesar 90,836% saham pada ATCI dengan jumlah sebanyak 376.687 dan PT Adaro Energy Indonesia Tbk (AEI) menjadi pemegang kurang lebih sebesar 9,163% saham pada ATCI dengan jumlah sebanyak 37.999 saham dan PT Alam Tri Abadi (ATA) menjadi pemegang kurang lebih sebesar 0,001% saham pada ATCI dengan jumlah sebanyak 1 saham.

Manajemen ADMR menambahkan transaksi afiliasi ini telah memenuhi prosedur sesuai regulasi OJK dan dilaksanaan sesuai dengan praktik bisnis yang berlaku umum.

Filter