SELAMAT DATANG DI BANTUAN CUSTOMER SERVICE +62 21 727 99 888

PENGISIAN FORMULIR ONLINE UNTUK PEMBUKAAN REKENING EFEK INDIVIDU

Isilah Formulir dibawah ini dengan baik dan benar sesuai dengan data resmi/legal Anda, Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan input data dari Anda

Dilarang mengcopy, memperbanyak isi dan konten dalam bentuk apapun tanpa seizin dari PT. FAC SEKURITAS INDONESIA Formulir pembukaan rekening efek individu
Mekanisme Transaksi :

DATA PRIBADI PEMOHON

Nama Lengkap Sesuai Identitas :
No. KTP/Paspor :
No. KITAS/KITAS :
Masa Berlaku :
Tempat Lahir :
Tanggal Lahir :
Nama Gadis Ibu Kandung :
No. NPWP :
Jenis Kelamin :
Agama :
Kewarganegaraan :
Status Perkawinan :
:
Alamat sesuai Identitass :
(Wajib diisi)
(Wajib diisi)
Alamat tempat tinggal :
(Wajib diisi)
Status Rumah Tinggal :
Pendidikan :
Apakah Saudara atau anggota keluarga Saudara bekerja pada perusahaan Efek, Bursa Efek, perusahaan yang diatur oleh Bursa Efek/ Otoritas Jasa Keuangan (OJK), bank, asuransi, atau lembaga keuangan sejenis ?
Bila iya, nama dari perusahaan atau lembaga tersebut :

Apakah Saudara sudah memiliki Rekening Efek pada perusahaan Efek lain ?

Bila iya, nama dari perusahaan Efek tersebut :

Apakah Saudara memiliki 5% atau lebih saham suatu perusahaan publik ?

Bila iya, nama dari saham publik tersebut :

ALAMAT SURAT MENYURAT

Alamat Surat Menyurat Correspondence Address
Kode Pos :
Pengiriman Konfirmasi Harian :
Pengiriman Laporan Bulanan :
Konfirmasi Pemberian User ID, Password, dan PIN :

Note : Saya/kami membebaskan PT. FAC SEKURITAS dari kewajiban pengiriman konfirmasi harian dan laporan bulanan. Pernyataan ini berlaku sejak tanggal ditandatanganinya Formulir Pembukaan Rekening Efek Individu.

DATA PEKERJAAN PEMOHON

Pekerjaan :
Nama Perusahaan :
Bidang Usaha :
Posisi/Jabatan :
Alamat Perusahaan :
(Wajib diisi)
No. Telp. Perusahaan/Ext. :
Alamat e-mail :
No. Faksimili : Lama bekerja/usaha : Tahun Bulan

DATA KEUANGAN PEMOHON

Penghasilan Utama/kotor/thn :
Rp.
(Mohon Diisi)
Sumber Penghasilan Utama :
Penghasilan Utama/kotor/thn :
Rp.
(Mohon Diisi)
Sumber Penghasilan Tambahan :
Pengeluaran Per Bulan :
Rp.
(Mohon Diisi)
Tujuan Investasi* :

* Berikan nomor pada kotak ini sesuai dengan prioritas investasi. Bila lainnya harap sebutkan

DATA PASANGAN/ORANG TUA/KELUARGA

Nama Lengkap sesuai identitas :
Hubungan :
Jenis Kartu Identitas :
Nomor Identitas :
Berlaku s/d :
Pekerjaan :
Nama Perusahaan :
Bidang Usaha :
Posisi/Jabatan:
Alamat Perusahaan :
(Wajib diisi)
No. Telp. Perusahaan/Ext. :
No. Handphone : No. Faksimili :
Alamat e-mail :
Lama bekerja/usaha: Tahun Bulan

DATA KEUANGAN PASANGAN/ORANG TUA/KELUARGA

Penghasilan Utama/kotor/thn :
Rp.
(Mohon Diisi)
Sumber Penghasilan Utama :
Penghasilan Utama/kotor/thn :
Rp.
(Mohon Diisi)
Sumber Penghasilan Tambahan :
Pengeluaran Per Bulan :
Rp.
(Mohon Diisi)

INSTRUKSI PEMBAYARAN

Apabila ada pembayaran dari transaksi jual/terima deviden, dll, harap :

  • Bank - Cabang :
  • Nama :
  • No. Rekening :
  • Bank - Cabang :
  • Nama :
  • No. Rekening :

INSTRUKSI PENGIRIMAN SALINAN FORMULIR PEMBUKAAN REKENING EFEK BESERTA PERJANJIANNYA

Saya/Kami setuju apabila salinan Pembukaan Rekening Efek beserta dengan perjanjiannya :

PERJANJIAN PEMBUKAAN EFEK & ONLINE TRADING PT. FIRST ASIA CAPITAL

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Saya/Kami
dalam hal ini bertindak untuk diri sendiri, atau Saya/Kami
dalam hal ini selaku
dari PT

I. PEMBUKAAN REKENING EFEK

  1. Saya/Kami dengan ini memohon untuk membuka Rekening Transaksi Saham (rekening) di PT. FAC Sekuritas Indonesia (selanjutnya disebut “First Asia”), menyatakan dan mengikat diri untuk tunduk pada ketentuan, persyaratan serta tata tertib yang berlaku di First Asia yang dapat diubah sewaktu-waktu, oleh karena Peraturan dan Ketentuan yang dikeluarkan oleh Pasar Modal dimana efek-efek terdaftar atau dari instansi berwenang lain yang mungkin diubah sewaktu-waktu pula, sehubungan dengan pembelian dan penjualan efek-efek yang terdaftar di Pasar Modal.
  2. Saya/Kami menyatakan bahwa informasi dan data lainnya yang Saya/Kami berikan didalam Formulir Pembukaan Rekening (Formulir) adalah besar dan akurat sesuai dengan kenyataan atau fakta yang ada dan sesuai dengan Prinsip Mengenai Nasabah yang disyaratkan oleh peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berjanji akan segera memberitahukan kepada First Asia bila dikemudian hari ada perubahan terhadap informasi yang diberikan kepada First Asia didalam Formulir tersebut. Saya/Kami menyadari dan bersedia untuk memberikan informasi tambahan atau menyerahkan dokumen-dokumen pendukung atas informasi yang tercantum didalam Formulir ini jika diminta oleh First Asia.
  3. Saya/Kami wajib menyampaikan pemberitahuan secara tertulis setiap perubahan data dan atau informasi mengenai Saya/Kami yang telah diberikan sehubungan dengan Perjanjian selambat-lambatnya 1 (satu) Hari Bursa setelah terjadinya perubahan. Selama First Asia belum menerima pemberitahuan tertulis dari Saya/Kami perihal perubahan data atau informasi sebagaimana dimaksud disini, First Asia akan melaksanakan perjanjian dengan Saya/Kami atas dasar data atau informasi mengenai Saya/Kami yang tersedia pada First Asia.
  4. Saya/Kami menyadari bahwa sebagai setoran (deposit) awal, kami wajib menyetor dana dan/atau Efek kepada First Asia sesuai dengan jumlah atau nilai yang ditentukan First Asia.
  5. Dengan ini Saya/Kami memberi kuasa kepada First Asia untuk menghubungi pihak ketiga/ Bank untuk melakukan verifikasi atas informasi/ data yang disampaikan oleh Saya/Kami.
  6. Saya/Kami menyadari bahwa dengan diisinya dan diterimanya Formulir oleh First Asia tidak berarti disetujuinya permohonan Saya/Kami. Saya/Kami menyadari bahwa First Asia mempunyai hak mutlak untuk menolak aplikasi pembukaan rekening tersebut, dan First Asia tidak berkewajiban untuk memberikan penjelasan mengenai alasan atas penolakan permohonan Saya/kami tersebut.
  7. Saya/Kami yang melakukan pembelian dan penjualan Efek untuk kepentingan Perusahaan Efek lain, Bank, Perusahaan Asuransi, Dana Pensiun, atau Lembaga keuangan lain bersedia membuat pernyataan tertulis yang berisi antara lain :
    • Saya/Kami Setuju menjamin ketersediaan dana dan/atau Efek untuk keperluan penyelesaian transaksi sebelum melakukan pemesanan jual atau beli;
    • dalam hal Saya/Kami tidak dapat menyediakan dana dan/atau Efek, maka Saya/Kami tersebut setuju untuk menanggung dan mengganti seluruh kerugian yang timbul akibat kegagalan dalam menyelesaikan transaksi pada tanggal penyelesaian.

II. PEMBERIAN KUASA DARI NASABAH

  1. Membeli, menjual dan mengalihkan atas beban dan resiko Saya/Kami, efek yang ditentukan oleh Saya/Kami. Sesuai dengan instruksi yang diberikan dari waktu ke waktu, secara lisan atau tertulis termasuk yang diperoleh dengan menggunakan hak yang melekat pada efek (bersama-sama disebut Efek), dan mengambil semua tindakan yang dianggap perlu oleh First Asia untuk membeli, menjual atau mengalihkan Efek atas nama Saya/Kami.
  2. Bila dianggap perlu First Asia dapat memutuskan untuk melakukan transaksi saham atas nama Saya/Kami melalui pialang, agen atau pihak lain. Saya/Kami memberi kuasa kepada First Asia untuk melakukan hal tersebut diatas dan menanggung seluruh biaya transaksi seperti transaksi itu dilakukan melalui First Asia. First Asia bersedia untuk memberitahu Saya/Kami terlebih dahulu apabila ada biaya tambahan yang timbul dari penggunaan pialang, agen atau pihak lain, dan Saya/Kami memiliki hak untuk memutuskan untuk menjalankan atau tidak menjalankan transaksi tersebut.
  3. Membuka sub rekening efek pada PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) atau Bank Kustodian atas nama Saya/Kami serta menyimpan portofolio efek non warkat yang Saya/Kami transaksikan pada sub rekening efek tersebut.
  4. Menyimpan portofolio efek non warkat yang Saya/Kami transaksikan pada rekening efek atas nama First Asia pada PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) atau Bank Kustodian untuk kepentingan Saya/Kami.
  5. Mengambil bagian, memperoleh, membeli, menjual, membagi, melepas, mentransfer dan/atau, menerima transfer dari setiap efek dan/atau Uang Tunai;
  6. Menyelesaikan dan menandatangani atas nama Saya/Kami setiap dan semua mandat deviden, menerima deviden, bunga, hasil penjualan dari setiap efek dan lain-lain pembayaran, dan mengambil segala tindakan yang diperlukan termasuk menandatangani semua surat permohonan dan dokumen untuk pembayaran kepada Saya/Kami dari semua deviden, bunga, hasil penjualan, atau pembayaran lain yang dibayar atau diterima atas efek dan/atau Uang Tunai;
  7. Mengajukan permohonan dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk mendapatkan atau menerima pembebasan pajak, manfaat, pembayaran kembali dan/atau pemotongan yang menyangkut efek dan/atau Uang Tunai menurut ketentuan-ketentuan dari setiap undang-undang, perintah, peraturan atau perjanjian pajak ;
  8. Menyelesaikan dan menandatangani dalam nama Saya/Kami dan atas nama Saya/Kami sebagai penerima transfer ke semua akte transfer, dokumen, perjanjian, atau bahan-bahan lain, dan mengambil semua tindakan serta menyelesaikan semua formalitas yang diperlukan untuk transfer dan/atau registrasi dan/atau konversi ke saham scripless dari efek dalam nama Saya/Kami atau nama First Asia, atau nama lain sebagaimana mungkin ditentukan oleh First Asia menurut Perjanjian;
  9. Menyelesaikan dan menandatangani dalam nama Saya/Kami dan atas nama Saya/Kami sebagai pentransfer setiap dan semua akte transfer, dokumen, perjanjian atau bahan-bahan lain dan mengambil segala tindakan serta menyelesaikan semua formalitas yang diperlukan bagi penjalan dan/atau transfer dari setiap efek;
  10. Menunjuk kuasa-kuasa untuk menghadiri setiap rapat-rapat pemegang saham, para pemegang unit para pemegang wesel atau rapat-rapat lain yang sejenisnya dan menyelesaikan serta menandatangani formulir-formulir surat kuasa dan lain-lain formalitas untuk maksud ini;
  11. Menangani setiap daftar (misalnya daftar-daftar saham) sehubungan dengan setiap hal mengenai efek;
  12. Menerima uang atas nama Saya/Kami sehubungan dengan efek dan/atau Uang Tunai serta menerbitkan tanda terima untuk itu;
  13. Menghadap dihadapan instansi-instansi yang terkait, mengajukan keterangan dan menyelesaikan, menandatangani serta mengajukan setiap surat permohonan atau dokumen untuk setiap surat persetujuan yang mungkin diperlukan atau dikehendaki guna melaksanakan setiap hari tindakan-tindakan tersebut didalam Pemberian Kuasa ini;
  14. First Asia dapat menunjuk dan melepaskan atas kebijakannya sebagian atau seluruh kuasa yang diterimanya kepada pihak lain, agen, atau substitusi untuk atau atas nama First Asia sehubungan dengan semua atau setiap dari hal-hal yang terkandung di dalam Pasal Pemberian Kuasa ini dengan syarat dan ketentuan sebagaimana dianggap layak oleh First Asia ;
  15. Untuk semua atau setiap maksud yang diberi wewenang dengan ini untuk mengakui dalam nama dan sebagai tindakan serta pembuatan dari Saya/Kami ini serta mendaftarkan dan mencatatkan hal ini di kantor dan/atau instansi pencatat yang berwenang dan mengupayakan dilakukannya setiap dan semua tindakan serta hal apa pun juga yang mungkin disyaratkan harus dilakukan atau pantas untuk memberikan hasil yang penuh kepada Pasal Pemberian Kuasa ini selengkapnya dan seefektif sebagaimana dapat dilakukan oleh Saya/Kami.
  16. Kuasa-kuasa yang diberikan dengan ini kepada First Asia adalah mempunyai interpretasi yang seluas-luasnya.
  17. Dengan ini dinyatakan bahwa Saya/Kami meratifikasi dan menegaskan serta menyetujui untuk meratifikasi dan menegaskan semua dan apapun juga yang mungkin dilakukan secara sah oleh First Asia atau mengakibatkan dilakukannya itu menurut Pasal Pemberian Kuasa ini, dengan dinyatakannya ini bahwa meskipun adanya setiap pencabutan terlebih dahulu dari Pasal Pemberian Kuasa ini, semua tindakan dan hal-hal ini dilakukan oleh First Asia adalah sah dan berlaku kecuali pencabutan itu telah diberitahukan sebelumnya kepada pihak atau pihak-pihak yang berurusan dengan First Asia di antara waktu pencabutan kembali dari Pasal Pemberian Kuasa ini dan waktu pencabutan kembali itu menjadi diketahui oleh First Asia adalah tetap sah dan berlaku efektif.
  18. Saya/Kami menyetujui untuk mengganti rugi penerima kuasa dan menjamin mengganti rugi First Asia terhadap segala Klaim, tuntutan, biaya, kerugian, kehilangan dan biaya-biaya yang timbul secara bagaimanapun juga dari atau dalam hubungan dengan pelaksanaan secara sah dari semua atau setiap dari kuasa dan wewenang yang terkandung dalam Pasal Pemberian Kuasa ini.
  19. Membuka dan memelihara rekening dana pada bank yang telah ditentukan/ bekerjasama dengan First Asia untuk menampung dana dan/atau dana hasil penjualan/pembelian efek dan/atau dana hasil corporate action, atas nama dan/atau kepentingan saya/kami. Sehubungan dengan hal tersebut, saya/kami memberikan kuasa kepada First Asia untuk melakukan dan menjalankan atau melaksanakan semua atau setiap dari tindakan-tindakan :
    • Mengurus Pembukaan Rekening Dana;
    • Melakukan pendebetan/ pemindahbukuan/transfer, memblokir/membuka blokir, dan mengaktifkan Rekening Dana untuk keperluan transaksi efek saya/kami; dan
    • Memberikan data termasuk mutasi dan/atau saldo dana yang ada dalam rekening Dana kepada LPP.
  20. Membuat nomor tunggal identitas saya/kami (Single Investor Identification) pada LPP jika saya/kami belum memiliki nomor tunggal identitas tersebut.

III. TRANSAKSI SAHAM

Selanjutnya didalam perjanjian ini yang dimaksudkan oleh transaksi adalah transaksi dengan mempergunakan mekanisme online trading seperti yang diatur didalam bagian tentang online trading terkecuali untuk transasksi manual yang secara tegas dipilih oleh Nasabah ketika melakukan transaksi atau secara tegas ditentukan didalam pasal-pasal perjanjian ini. Nasabah dilarang melakukan perubahan pola transaksi tanpa mendapatkan persetujuan dari First Asia.

  1. Dalam memberikan instruksi atau perintah kepada First Asia untuk melakukan Transaksi Efek, Saya/Kami dapat melakukannya secara lisan langsung kepada First Asia atau melalui telepon atau melalui faksimili atau melalui media elektronik lainnya yang dapat menjadi sarana komunikasi dalam pelaksanaan Perjanjian ini antara Saya/Kami dengan First Asia.
  2. Saya/Kami menyetujui First Asia untuk merekam seluruh komunikasi melalui telepon yang berhubungan dengan transaksi efek antara Saya/Kami dan akan digunakan sebagai bukti pesanan Saya/Kami yang sah dan akan dipergunakan pula sebagai bukti jika ada perselisihan antara kedua belah pihak. First Asia berhak untuk menuntut Saya/Kami di badan Arbiterase Pasar Modal Indonesia (BAPMI) jika kami mengingkari pesanan tersebut.
  3. Saya/Kami menyadari bahwa suatu instruksi Transaksi Efek dari Saya/Kami hanya akan dilaksanakan oleh First Asia melalui Transaksi Bursa, apabila pemberian instruksi tersebut telah memenuhi persyaratan sebagai berikut :
    • Telah tersedia Dana dan atau Efek yang cukup pada Rekening Efek Saya/Kami sebelum pelaksanaan Transaksi Efek untuk penyelesaian Transaksi Efek.
    • Atas kebijakan First Asia, Saya/kami dapat melakukan Transaksi Efek sesuai dengan trading limit yang telah disetujui oleh First Asia, dengan ketentuan bahwa Saya/Kami wajib menyetor dana dan atau Efek pada tanggal Penyelesaian Transaksi Bursa.
    • Pesanan Saya/Kami harus mencantumkan jumlah pesanan dan batasan harga (limit order).
    • Pesanan Saya/Kami harus mencantumkan umur pesanan (session order atau day order).
    • Efek yang dapat ditransaksikan adalah saham dan Efek bersifat Ekuitas lainnya.
    • Instruksi Transaksi Efek Saya/Kami dilakukan oleh First Asia melalui Transaksi Bursa di Pasar Reguler, kecuali Saya/Kami memberikan instruksi di Pasar Tunai atau Pasar Negosiasi.
  4. First Asia akan melaksanakan perintah/order beli, apabila Nasabah telah menyerahkan jaminan/deposit atau dana simpanan untuk transaksi efek pada rekening bank yang ditunjuk/atas nama First Asia. Apabila dikehendaki oleh Nasabah, efek yang dibeli dapat dipindahkan atau diambil melalui pemindahbukuan ke rekening efek milik Nasabah pada perusahaan efek lain, setelah hari Bursa ketiga (T+3) setelah tanggal transaksi pembelian, dan dengan pemberitahuan tertulis terlebih dahulu kepada First Asia selambat-lambatnya 1 hari Bursa sebelum tanggal pengambilan atau pemindahan.
  5. Meskipun persyaratan pada pasal III.3 di atas telah terpenuhi, First Asia tetap berwenang untuk tidak melaksanakan instruksi Saya/Kami, apabila Saya/Kami menyampaikan instruksi dalam kondisi tertentu seperti terjadinya perubahan pasar yang sangat cepat dan volume perdagangan yang cukup banyak, tidak ada atau tidak cukup wewenang, tidak praktis untuk dilaksanakan, bertentangan dengan undang-undang atau peraturan yang berlaku lainnya.
  6. Saya/Kami dapat membatalkan pesanan Saya/Kami setiap saat sebelum transaksi terjadi (matching) di Bursa Efek sesuai dengan mekanisme yg tersedia dan disetujui dalam transaksi online atau transaksi manual. Nasabah dengan ini membebaskan First Asia dari tuntutan bilamana dalam pelaksanaannya menyebabkan terjadinya kerugian kepada Nasabah.
  7. Selanjutnya untuk menghindari resiko gagal serah, First Asia berhak menolak melaksanakan pesanan jual saya/kami atas sejumlah saham yang saya/kami miliki namun belum siap untuk dijual dan atau atas sejumlah saham-saham yg tidak dimiliki.
  8. Apabila Nasabah tidak setuju dengan isi dari konfirmasi transaksi yang dikirimkan oleh First Asia, maka Nasabah wajib menyampaikan pemberitahuan mengenai ketidaksetujuan tersebut kepada First Asia selambat-lambatnya dalam waktu 1x24 jam setelah diterima konfirmasi transaksi tersebut. Apabila dalam waktu 1x24 jam Nasabah tidak menyampaikan keberatannya, maka Nasabah diangggap menyetujui isi konfirmasi transaksi. Konfirmasi yang disampaikan oleh First Asia melalui media elektronik/alamat email merupakan konfirmasi tertulis yang bersifat akurat dan benar serta mengikat bagi Nasabah.
  9. Saya/Kami dianggap menyetujui Konfirmasi Transaksi yang dikirimkan oleh First Asia, apabila sampai dengan batas waktu 1 x 24 jam, Saya/Kami tidak menyampaikan keberatannya secara tertulis kepada First Asia.
  10. Saya/Kami memahami dan menyetujui sepenuhnya, bahwa keberatan dan atau hasil dari pengajuan keberatan sebagaimana dimaksud Pasal ini atau bagian lain dari Perjanjian ini, bagaimanapun tidak dapat membatalkan Transaksi Bursa.
  11. Saya/Kami menyetujui dan memberi kuasa kepada pejabat yang ditunjuk oleh First Asia untuk melakukan otorisasi pelaksanaan transaksi manual apabila Saya/Kami tidak dapat menandatangani pesanan transaksi pada formulir yang telah ditetapkan.
  12. Saya/kami berjanji untuk sebelum dilakukannya suatu transaksi tertentu, menyediakan dana dalam Rekening Dana dan/atau efek dalam Rekening Efek, membayar secara penuh kepada First Asia seluruh harga pembelian, biaya komisi, biaya jasa transaksi, pengenaan biaya lainnya, termasuk pajak, jika ada sesuai dengan hukum dan peraturan pemerintah yang berlaku, sehubungan dengan transaksi tersebut, dengan menyediakan efek tanpa dalam Rekening Efek, dan/atau menyediakan dana-dana dalam Rekening Dana tersebut selambat-lambatnya 1 (satu) hari sebelum dilaksanakannya transaksi dan/atau setelah timbulnya biaya-biaya tersebut yang akan diumumkan secara tertulis dari waktu ke waktu.
  13. Dalam hal saya/kami lalai dalam mematuhi ketentuan tersebut di atas, dan meskipun demikian First Asia atas itikad baik tetap melaksanakan perintah/instruksi saya/kami, maka First Asia dengan ini diberi wewenang (mempunyai hak) untuk, atas pilihan dan kebijaksanaannya sendiri, membeli atau meminjam atau menjual Efek-efek lain milik saya/Kami untuk rekening Efek saya/kami dengan tujuan untuk menutup saldo negatif efek (short position) pada Rekening Efek saya/kami.
  14. Dalam hal dana menunjukkan saldo negatif dalam Rekening Efek saya/kami, First Asia dengan ini diberi wewenang untuk, atas pilihan dan kebijaksanaannya sendiri menjual Efek-efek yang oleh atau diperintahkan untuk dibeli oleh First Asia berdasarkan Persetujuan ini, yang belum saya/kami bayar atau menjual Efek-efek dalam Rekening saya/kami, dengan ketentuan bahwa hasil penjualannya tersebut akan digunakan untuk membayar jumlah uang yang terhutang tersebut. Jumlah terhutang tersebut akan dibebankan bunga dengan tingkat suku bunga yang berlaku di pasar yang akan diperhitungkan sampai seluruh jumlah uang yang terhutang tersebut dinyatakan lunas. Dengan mengesampingkan ketentuan tersebut di atas, First Asia dengan ini diwenangkan untuk memotong dari Rekening Dana, seluruh jumlah uang yang dari waktu ke waktu wajib dibayar kepada First Asia berdasarkan Persetujuan ini dan untuk membebankan bunga atas setiap jumlah terhutang pada Rekening Dana saya/kami sesuai dengan tingkat suku bunga dan dengan cara sebagaimana dianggap baik oleh First Asia. Segala aktiva yang dipegang oleh First Asia yang terdapat pada Rekening Dana dan Rekening Efek dari waktu ke waktu akan dibebankan untuk pembayaran hutang dan bunga yang diperhitungkan atas hutang tersebut.
  15. Pemberian kewenangan ini tidak akan membatasi First Asia untuk memperoleh pembayaran atas jumlah hutang dalam rekening-rekening saya/kami tersebut, dan selama masih ada kewajiban saya/kami kepada First Asia maka seluruh dana dalam Rekening Dana dan Efek yang ada dalam Rekening Efek, menjadi jaminan atas pelunasan seluruh kewajiban saya/kami kepada First Asia, atau apabila First Asia menganggap baik (namun hal ini tidaklah karenanya dianggap menjadi suatu kewajiban baik First Asia untuk melakukan hal tersebut) guna menutup saldo negatif dana. First Asia dapat dan dengan ini secara tidak dapat ditarik kembali diberi kuasa untuk, menggunakan efek dalam Rekening Efek sebagai jaminan atas kredit bank atau lembaga keuangan lainnya, untuk memenuhi kewajibanpembayaran saya/kami tersebut. Dalam hal ini, saya/kami mengerti dan menyetujui bahwa segala beban biaya dan atau bunga yang berkaitan dengan pembiayaan bank dan atau lembaga keuangan tersebut akan menjadi tanggungan saya/kami, dan saya/kami juga akan menanggung (dan karenanya tidak akan memintakan pertanggungjawaban First Asia dalam bentuk apapun juga sehubungan dengan tindakan eksekusi tersebut) segala tindakan eksekusi jaminan/penjualan paksa yang dilakukan oleh bank atau lembaga keuangan tersebut terhadap Efek saya/kami dalam hal ini kelalaian saya/kami untuk melaksanakan kewajiban pembayaran saya/kami tersebut.
  16. Pemberian kewenangan oleh saya/kami kepada First Asia untuk melakukan segala tindakan dalam rangka pemenuhan kewajiban saya/kami kepada First Asia, termasuk tetapi tidak terbatas pada tindakan untuk menutup / menanggulangi saldo negatif sebagaimana diatur dalam paragraf ke-3 dan ke-4 tersebut diatas dilakukan tanpa memerlukan surat kuasa/persetujuan tersendiri dari saya/kami.

IV. PENYELESAIAN TRANSAKSI

  1. Atas setiap transaksi pembelian dan atau penjualan Efek, Saya/Kami wajib menyetor kekurangan Dana dan atau Efek ke dalam Rekening Efek guna menyelesaikan transaksi pembelian dan atau penjualan Efek selambat-lambatnya 1 (satu) hari sebelum tanggal jatuh tempo penyelesaian transaksi (T+2) sebagaimana tercantum dalam Konfirmasi Transaksi.
  2. Pembayaran dari First Asia kepada Nasabah untuk transaksi jual yang dilakukan oleh Nasabah, setelah dikurangi komisi dan biaya transaksi, dilakukan pada hari bursa ketiga (T+3) setelah tanggal transaksi penjualan ke rekening yang ditentukan oleh Nasabah dalam Formulir.
  3. Pembayaran untuk transaksi pembelian termasuk seluruh biaya dan komisi untuk transaksi tersebut, wajib dilakukan oleh Nasabah selambat-lambatnya pada hari Bursa ketiga (T+3) pukul 09.00 WIB. Setiap keterlambatan pembayaran akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan yang diberlakukan oleh First Asia.
  4. First Asia akan menyerahkan Efek yang dibeli atau Dana hasil penjulan Saya/Kami ke Rekening Efek Saya/Kami pada tanggal jatuh tempo sebagaimana tercantum dalam Konfirmasi Transaksi.
  5. Efek dan atau Dana dalam Rekening Efek tersebut dapat digunakan sebagai jaminan penyelesaian kewajiban Saya/Kami tersebut terhadap First Asia yang timbul dari Transaksi Efek.
  6. (1) Apabila kami lalai memenuhi kewajiban menyetor dana atau dalam hal ini terjadi keterlambatan pembayaran, dimana dengan lewatnya waktu saja telah merupakan bukti yang cukup adanya kelalaian kami, First Asia berhak :
    • melakukan suspend buy pada T+4 dan memberitahukan kepada kami keterlambatan pembayaran tersebut dan kami berkewajiban melunasinya pada saat itu juga.
    • menjual sebagian atau seluruh efek dalam Rekening Efek (forced sell) tanpa instruksi terlebih dahulu dari Saya/Kami pada saat kewajiban sudah memasuki T+5.
    • membeli efek untuk kepentingan Rekening efek kami dengan tujuan untuk menutup saldo Efek negatif (short position) pada saat jatuh tempo penyelesaian transaksi (T+3).
      (2) First Asia berhak dan berwenang sepenuhnya untuk menetapkan tata cara dan pelaksanaan penjualan dan atau pembelian Efek sebagaimana dimaksud pada butir 1 (satu) diatas, termasuk mengenai jenis, harga dan saat penjualan dana atau pembelian Efek dimaksud.
  7. Nasabah setuju bahwa penjualan paksa (forced sell) tersebut dilakukan oleh First Asia tanpa perlu adanya persetujuan terlebih dahulu dari Nasabah. Seluruh biaya yang timbul dari penjualan paksa (forced sell) tersebut menjadi tanggung jawab Nasabah.
  8. Nasabah dengan ini memberikan instruksi dan kuasa yang tidak dapat ditarik/dicabut kembali kepada First Asia untuk melakukan penjualan efek milik Nasabah sesuai dengan pertimbangan First Asia apabila Nasabah terlambat dan/atau tidak memenuhi kewajiban untuk melakukan pembayaran kewajibannya.
  9. Saya/Kami menyadari bila terjadi gagal serah kepada First Asia atas efek yang telah dijual pada waktu yang telah ditentukan, First Asia dapat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu, melakukan pembelian saham tersebut atas beban Saya/Kami.

V. REKENING EFEK

  1. Saya/Kami menyetujui apabila terdapat saldo hutang dalam rekening maka Saya/Kami berkewajiban untuk segera melunasi hutang tersebut. First Asia berhak untuk membebankan bunga/denda dan biaya lainnya terhadap rekening Saya/Kami sesuai dengan ketentuan OJK sehubungan dengan penagihan saldo hutang Saya/Kami kepada First Asia. Jumlah denda yang dibebankan dihitung dengan rumus yang berlaku di First Asia.
  2. Bila saldo menunjukkan posisi negatif (short positition) Saya/Kami setuju dan dengan ini memberi kuasa kepada First Asia untuk melakukan pembelian efek seketika/pada hari yang sama untuk rekening Saya/Kami dengan tujuan untuk menutup saldo negatif tersebut.
  3. Saya/Kami setuju bahwa dalam hal dana menunjukan saldo negatif dalam rekening jual beli saham, First Asia di beri kuasa untuk menggunakan efek yang ada di dalam rekening tersebut sebagai jaminan atas kredit bank atau lembaga keuangan lainnya.
  4. Saya/Kami setuju, bahwa selama Saya/Kami menjadi nasabah, Saya/ Kami harus tetap mempertahankan Saldo Minimum yang ada pada Account Saya/Kami. Jumlah Saham dan/atau dana yang boleh ditarik oleh saya/Kami hanya kelebihan dari Saldo Minimum dalam Rekening Efek Saya/Kami, dengan mengajukan permohonan pengambilan /penarikan Dana dan/atau Saham secara tertulis 1 (satu) Hari Bursa sebelumnya kepada First Asia dan setelah diterimanya permohonan tersebut, akan dipertimbangkan oleh First Asia.
  5. Saya/Kami setuju bahwa efek dan dana yang ada didalam rekening Saya/Kami dapat digunakan sebagai jaminan atas penyelesaian kewajiban Saya/Kami terhadap First Asia.
  6. Saya/Kami menyetujui bahwa setiap saat First Asia berhak menutup rekening ini secara sepihak setelah menjual semua saldo Saya/Kami dengan memberitahukan kepada Saya/Kami. Pemberitahuan tersebut berlaku efektif sejak tanggal diterbitkan oleh First Asia dan First Asia tidak berkewajiban memberikan penjelasan kepada Saya/Kami tentang alasan penutupan rekening tersebut. Saya/Kami berhak mengevaluasi mutasi saldo rekening Saya/Kami pada setiap saat.

VI. PERNYATAAN NASABAH

  1. Investasi di Pasar Modal memiliki risiko finansial. Harga efek dapat mengalami kenaikan yang akan menguntungkan Saya/Kami dan dapat pula mengalami penurunan yang mengakibatkan kerugian bagi nasabah. Selain risiko kenaikan dan penurunan harga, efek yang dimiliki oleh Saya/Kami dapat kehilangan nilainya dan menjadi tidak berharga seperti terjadinya penghapusan pencatatan (delisting) dari bursa efek.
  2. Sebagai akibat dari hal-hal tersebut dalam pasal VI.1 diatas, setiap saat Saya/Kami dapat mengalami kerugian dan kehilangan sebagian atau seluruh dana yang diinvestasikan oleh Saya/Kami di Pasar Modal.
  3. Saya/Kami menyatakan bahwa setiap keputusan investasi, keputusan untuk menjual dan/atau membeli efek diambil oleh nasabah berdasarkan pertimbangan dan keputusan Saya/Kami sendiri oleh karena itu Saya/Kami bertanggung jawab atas segala kerugian, tagihan, kewajiban biaya termasuk tetapi tidak terbatas kepada kewajiban pajak yang mungkin timbul sebagai akibat keputusan Saya/Kami.
  4. Saya/Kami dengan ini menyatakan dan menjamin tidak akan menggunakan jasa pelayanan perdagangan efek yang diberikan oleh First Asia sebagai sarana untuk melakukan tindakan yang dapat dikategorikan melanggar hukum, termasuk namun tidak terbatas kepada tindak pidana pencucian uang.
  5. Saya/Kami dengan ini menyatakan tidak akan melakukan kerjasama atau mengadakan perjanjian baik lisan maupun tertulis dengan salah satu atau beberapa karyawan, termasuk Direksi, yang menjanjikan imbal hasil tanpa sepengetahuan First Asia. Apabila hal ini terjadi maka First Asia tidak bertanggung jawab atas segala kerugian, tagihan, kewajiban yang ditimbulkan di kemudian hari.
  6. Saya/Kami tidak akan menuntut First Asia atas kerugian yang diderita Saya/Kami sebagai akibat dari kelalaian atau kekeliruan Saya/Kami dalam memberikan instruksi kepada First Asia.
  7. Saya/Kami menyadari sepenuhnya segala risiko kerugian yang mungkin timbul dalam rangka Transaksi Efek termasuk sebagai akibat dari fluktuasi harga Efek yang terjadi di Bursa Efek, dan oleh karenanya melepaskan haknya untuk menggugat dan atau menuntut pihak manapun termasuk First Asia sebagai akibat kerugian dimaksud.
  8. First Asia berhak melaporkan kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terhadap dana saya/kami yang terdapat di rekening efek di First Asia dan/atau atas transaksi efek yang saya/kami lakukan yang diindikasi/patut diduga merupakan tindak kejahatan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2002 tentang Tindak Pencucian Uang sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2003 berikut segala perubahannya dari waktu ke waktu.
  9. Saya/kami membebaskan Perseroan dari segala tanggung jawab dan kewajiban apapun dalam hal :
    1. Fluktuasi harga Efek
    2. Likuiditas pasar dimana Efek tersebut diperdagangkan
    3. Fluktuasi nilai mata uang yang berdampak pada harga Efek
    4. Keterlambatan atau ketidakcocokan dalam proses order atau atas konfirmas transaksi
    5. Terjadinya kebangkrutan, ketidakmampuan membayar atau dilikuidasinya bank, KSEI, KPEI, Bursa Efek atau organisasi/ perorangan lainnya
    6. Terjadinya suspen atau penghentian transaksi atau pengiriman saham oleh Bursa Efek atau KSEI.
    7. Kelalaian atau kealpaan yang tidak disengaja dan tidak dilandasi oleh itikad buruk yang dilakukan oleh Direksi, karyawan, wakil atau kuasa First Asia.
    8. Keterlambatan dalam pelaksanaan instruksi akibat terjadinya kerusakan pada transmisi alat-alat komunikasi yang digunakan First Asia untuk melaksanakan transaksi.

VII. PEMBUKAAN SUB REKENING, NO. TUNGGAL IDENTITAS PEMODAL (SID) DAN REKENING DANA NASABAH

  1. Saya/Kami sebagai nasabah First Asia wajib membuka sub rekening efek dan nomor Tunggal Identitas Pemodal (SID) pada PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) atau Bank Kustodian dengan memberikan kuasa kepada First Asia dan kewajiban First Asia untuk melaksanakan kuasa pembukaan sub rekening efek tersebut.
  2. Berdasarkan peraturan yang berlaku, Saya/Kami sebagai nasabah First Asia wajib memiliki Rekening Dana Nasabah/ Rekening Investor di Bank yang ditunjuk oleh dan / atau bekerjasama dengan First Asia.
  3. Dana yang dimiliki Saya/Kami wajib disimpan secara terpisah pada Rekening Dana Nasabah/ Rekening investor oleh First Asia atas nama Saya/Kami.
  4. Dana dan Efek dalam Rekening Efek atas nama Saya/Kami atas persetujuan Saya/Kami dapat disimpan dalam Rekening Efek pada PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) atau Bank Kustodian atas nama First Asia Efek untuk kepentingan Saya/Kami.
  5. Hak Saya/Kami untuk sewaktu-waktu meminta laporan dan atau menguji kesesuaian antara saldo Rekening Efek nasabah dalam pembukuan First Asia dengan saldo efek nasabah dalam sub rekening efek.

VIII. KETENTUAN ONLINE TRADING

  1. “Online Trading” adalah transaksi perdagangan yang dilakukan secara online melalui jaringan internet dengan menggunakan perangkat lunak pada komputer dan atau mobile device.
  2. Setiap Nasabah diwajibkan untuk melakukan pendaftaran Online Trading dengan cara:
    • Mengisi dan menandatangani Formulir yang disediakan di kantor pusat maupun di kantor-kantor yang ditunjuk.
    • Menunjukkan bukti asli identitas diri yang sah (KTP/Paspor) untuk diverifikasi First Asia melalui pejabat yang ditunjuk dengan fotocopy identitas diri yang diserahkan kepada First Asia.
    • Memiliki alamat e-mail tertentu yang aktif;
    • Wajib mendaftarkan alamat e-mail kepada First Asia melalui sistem yang ditentukan;
    • Melakukan koneksi data ke penyedia jasa telekomunikasi.
    • Telah membaca, mengerti dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini.
  3. First Asia akan memberikan User ID dan Password (‘Kode Akses”) kepada Nasabah untuk menggunakan sistem online trading sebagai tanda persetujuan First Asia. Dengan diberikannya Kode Akses ini kepada Nasabah maka Nasabah menyatakan bertanggung jawab penuh atas hal-hal sebagai berikut:
    • menjaga, memelihara dan mengamankan Kode Akses dari pihak lain selain Nasabah.
    • atas segala kerugian yang terjadi akibat penggunaan Rekening melalui Kode Akses, termasuk namun tidak terbatas pada order yang dilakukan oleh pihak yang tidak berhak dan kesalahan order.
    • Atas semua perubahan yang terjadi pada data Nasabah yang disebabkan oleh penggunaan Kode Akses, Nasabah wajib melakukan penggantian User ID dan Password untuk menjaga keamanan dan kerahasiaan transaksi setelah menerima User ID dan Password dari First Asia. Nasabah wajib memberitahukan First Asia dalam waktu selambat-lambatnya 1x24 jam jika terjadi kehilangan, pencurian atau penggunan Kode Akses oleh pihak yang tidak berhak. Nasabah dengan ini membebaskan First Asia dari segala bentuk tanggung jawab dan kerugian yang mungkin timbul sebagai akibat dari kehilangan, pencurian atau penggunaan Kode Akses oleh pihak yang tidak berhak.
  4. Nasabah dengan ini bertanggung jawab penuh dan membebaskan First Asia dari segala tuntutan yang mungkin timbul sebagai akibat pengiriman User ID dan Password melalui surat elektronik (e-mail) ke alamat e-mail Nasabah.
  5. Nasabah memahami sepenuhnya bahwa Kode Akses yang diberikan oleh First Asia kepada Nasabah bersifat rahasia, oleh karenanya Nasabah berkewajiban dan berjanji untuk menjaga, memelihara dan mengamankan Kode Akses dan (i) tidak memberitahukan dan/atau memberikan Kode Akses kepada orang lain, (ii) tidak menuliskan, menyimpan dalam bentuk tertulis Kode Akses baik pada aplikasi komputer ataupun pada sarana penyimpanan lainnya yang memungkinkan untuk diketahuinya Kode Akses oleh orang lain, dan (iii) menggunakan Kode Akses dengan hati-hati agar tidak dimanfaatkan orang lain.
  6. User ID dan Password merupakan kode yang bersifat rahasia dan kewenangan penggunaanya ada pada Nasabah. User ID bersifat tetap dan tidak dapat diubah. Apabila Nasabah mengetahui atau menduga User ID dan Password miliknya telah diketahui oleh orang lain yang tidak berhak, maka Nasabah wajib segera mengambil langkah pengamanan dengan cara melakukan penggantian Password. Apabila karena suatu sebab Nasabah tidak dapat melakukan penggantian Password maka Nasabah wajib segera menyampaikan pemberitahuan kepada First Asia. Sebelum diterimanya pemberitahuan secara tertulis oleh pejabat First Asia yang berwenang, maka segala perintah, transaksi dan komunikasi berdasarkan penggunaan User ID dan Password milik Nasabah oleh pihak yang tidak berhak sepenuhnya menjadi tanggung jawab Nasabah.
  7. Penggunaan User ID dan Password mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh Nasabah, karenanya Nasabah dengan ini menyatakan bahwa penggunaan User ID dan Password dalam setiap perintah transaksi juga merupakan pemberian kuasa dengan segala akibat hukumnya dari Nasabah kepada Perseroan untuk melaksanakan transaksi termasuk namun tidak terbatas untuk melakukan pendebetan Rekening Nasabah baik dalam rangka pelaksanaan transaksi yang diperintahkan maupun untuk pembayaran seluruh biaya transaksi yang telah dan atau akan ditetapkan kemudian oleh First Asia.
  8. Penyalahgunaan dan/atau penggunaan User ID dan Password oleh pihak yang tidak berhak merupakan tanggung jawab Nasabah. Nasabah dengan ini membebaskan Perusahan dari segala tuntutan yang mungkin timbul, baik dari pihak lain maupun Nasabah sendiri sebagai akibat penyalahgunaan dan/atau penggunaan User ID dan Password oleh pihak yang tidak berhak.
  9. Nasabah dapat menggunakan layanan Online Trading untuk mendapatkan informasi dan/atau melakukan transaksi yang telah ditentukan oleh First Asia dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Nasabah mendapatkan aktivasi layanan Online Trading setelah mendapatkan User ID dan Password yang dikirim First Asia ke alamat email Nasabah yang telah terdaftar di First Asia.
  10. Untuk setiap pelaksanaan transaksi: hanya dapat dilakukan untuk Rekening Nasabah yang telah terdaftar di First Asia. Nasabah wajib memastikan ketepatan dan kelengkapan perintah transaksi (termasuk memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar) sesuai format perintah menu layanan yang teah ditentukan oleh First Asia. First Asia tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang mungkin timbul yang diakibatkan oleh kelalaian, ketidaktepatan dan/atau ketidaklengkapan perintah/data dari Nasabah.
  11. Setiap instruksi yang telah dikirim oleh Nasabah yang tersimpan pada pusat data First Asia merupakan data yang sah dan benar yang diterima sebagai bukti perintah dari Nasabah kepada First Asia untuk melaksanakan transaksi yang dimaksud.
  12. Segala perintah transaksi yang telah dikirimkan secara elektronik oleh Nasabah tidak dapat dibatalkan. First Asia berhak untuk meminta kepada Nasabah untuk mengirimkan kembali perintah transaksi tersebut dalam bentuk tertulis untuk memperkuat perintah elektronik tersebut. Nasabah wajib segera menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada First Asia melalui kantor pusat atau apabila menerima data atau informasi yang tidak lengkap atau tidak tepat.
  13. User ID dan Password adalah sarana untuk melakukan verifikasi identitas dan kewenangan penggunaan Online Trading oleh Nasabah. Sehubungan dengan itu setiap perintah yang diberikan oleh Nasabah kepada First Asia melalui Online Trading adalah merupakan perintah yang sah yang dibuat oleh Nasabah dan mengikat Nasabah. First Asia akan melaksanakan perintah tersebut tanpa berkewajiban terlebih dahulu melakukan verifikasi atas kebenaran, keaslian, keabsahan perintah atau kewenangan penggunaan Online Trading.
  14. Dengan memperhatikan ketentuan diatas, berdasarkan pertimbangan sendiri First Asia dapat dan berhak untuk tidak melaksanakan perintah dari Nasabah apabila First Asia mengetahui atau menduga adanya penyalahgunaan atau penggunaan fasilitas Online Trading oleh pihak yang tidak berhak.
  15. Nasabah menyetujui dan mengakui bahwa: semua catatan, rekaman dan atau data dalam bentuk elektronik, digital, bentuk dokumen cetak atau bentuk lainnya, dari perintah dan/atau komunikasi dari Nasabah yang diterima oleh Perusahan melalui Online Trading adalah alat bukti yang sah atas perintah atau komunikasi tersebut tanpa memerlukan tanda tangan nasabah dan merupakan bukti yang sah serta mengikat antara nasabah dan First Asia. Setiap order beli atau jual yang telah berhasil dilakukan akan memperoleh JATS order ID dari bursa sedangkan order yang telah match akan memperoleh JATS Trade ID.
  16. Catatan atau rekaman atas perintah dari Nasabah kepada Perseroan dan komunikasi lain antara First Asia dengan Nasabah melalui Online Trading yang tersimpan pada pusat data First Asia dan atau tersimpan dalam bentuk penyimpanan informasi dan data lainnya di First Asia, baik berupa dokumen tertulis, catatan, tape/cartridge, materi cetakan, komputer atau salinan merupakan alat bukti yang sah yang tidak akan dibantah keabsahannya, kebenaran atau keasliannya.
  17. First Asia berhak untuk menghentikan layanan Online Trading, baik penghentian sementara atau penghentian secara permanent, tanpa kewajiban untuk meminta persetujuan terlebih dahulu dari Nasabah atau menyampaikan pemberitahuan terlebih dahulu mengenai penghentian tersebut kepada Nasabah maupun kepada pihak lain manapun.
  18. First Asia tidak bertanggung jawab atas keterlambatan pelaksanaan perintah atau order Nasabah dan segala kerugian yang mungkin timbul sebagai akibat keterlambatan pelaksanaan perintah tersebut. Apabila terjadi perubahan pasar yang ketat dan cepat serta volume perdagangan yang tinggi, Perseroan hanya akan melaksanakan perintah/order Nasabah atas kebijaksanaannya sendiri dengan membatasi dan memperketat jenis pelaksanaan perintah/order yang diterima dari Nasabah.
  19. Ketentuan mengenai order dan konfirmasi transaksi atas layanan Online Trading tunduk pada surat dan ketentuan sebagaimana diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini. First Asia akan memberikan konfirmasi transaksi pada hari bursa yang sama melalui media elektronik/alamat e-mail. Nasabah dengan ini menyetujui konfirmasi yang disampaikan oleh First Asia melalui media elektronik/alamat email tersebut.
  20. Dengan memperhatikan ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan, akses layanan Online Trading akan dihentikan oleh First Asia apabila:
    • Nasabah meminta kepada First Asia untuk menghentikan akses layanan Online Trading sementara waktu atau secara permanent.
    • Nasabah menutup Rekening.
    • Nasabah salah memasukkan Password lebih dari 3 kali.
    • First Asia melaksanakan ketentuan peraturan yang berlaku baik peraturan internal maupun perundang-undangan.
    • Ada tindakan Nasabah yang dapat membahayakan sistem dan jaringan transaksi elektronik milik First Asia.
    • Dugaan telah terjadinya transaksi atau pola transaksi yang melanggar ketentuan perundang-undangan dibidang pasar modal, transaksi elektronik dan ketentuan hukum lainnya.
  21. Untuk melakukan aktivasi kembali, Nasabah wajib melakukan pendaftaran ulang melalui kantor pusat dengan prosedur yang ditetapkan.
  22. Nasabah bertanggung jawab terhadap segala biaya, klaim, kerusakan kerugian atau kewajiban lainnnya yang timbul dan diderita oleh Nasabah sebagai akibat ketidakmampuan atau kesalahan Nasabah dalam menggunakan layanan Online Trading atau yang ditimbulkan sebagai akibat terganggunya akses ke Online Trading atau gangguan system. Biaya penggunaan Online Trading akan ditentukan oleh First Asia dan dibebankan kepada Nasabah dengan mendebet biaya tersebut dari rekening Nasabah. First Asia berhak sepenuhnya untuk mengubah biaya penggunaan Online Trading.
  23. Nasabah tidak diperkenankan mengalihkan layanan Online Trading ini kepada pihak lain tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari First Asia.
  24. Nasabah membebaskan First Asia dari segala bentuk tanggung jawab atas segala kerugian yang terjadi baik langsung maupun tidak langsung atas sebab-sebab diluar kendali First Asia (peristiwa force majeure/keadaan memaksa), seperti pembatasan Pemerintah, bencana alam, perang, pemogokan atau aturan bursa, gangguan atas pelayanan proses data dan komunikasi atau gangguan atas perdagangan yang normal di bursa, segala gangguan virus computer atau system atau komponen membahayakan yang dapat mengganggu layanan Online Trading, web browser atau computer system First Asia atau internet Nasabah.
  25. First Asia akan mengirimkan (a) konfirmasi transaksi, bukti perintah Nasabah atau instruksi Nasabah melalui layanan Online Trading adalah mutasi yang tercatat dalam laporan rekening harian dan laporan rekening bulanan melalui e-mail, dan (b) informasi lainnya dan/atau pemberitahuan melalui e-mail dan SMS. Nasabah dapat menghubungi help desk atas setiap permasalahan yang berkaitan dengan transaksi dan perubahan akses layanan Online Trading.
  26. Dalam hal nasabah melakukan penarikan dana atau pemindahan saham dari rekening nasabah maka nasabah diwajibkan untuk menyampaikan secara elektronik dan perintah tersebut dianggap diterima dan dilaksanakan oleh First Asia apabila dalam jangka paling lambat 1x24 jam ada konfirmasi dari First Asia. Bilamana konfirmasi tersebut tidak dilaksanakan oleh First Asia maka dinyatakan bahwa perintah penarikan dana atau pemindahan saham tersebut tidak pernah terjadi atau dilakukan oleh nasabah. Segala akibat yang timbul dari kegagalan perintah penarikan dana atau pemindahan saham tersebut menjadi tanggung jawab nasbah dan nasabah dengan ini menyatakan tidak akan menuntut First Asia atas kerugian yang timbul.
  27. First Asia berhak sepenuhnya dari waktu ke waktu memperbaharui, merevisi atau mengubah atau menghentikan suatu bagian atau fitur tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Nasabah. Semua pemberitahuan yang disampaikan dengan menggunakan peralatan elektronik adalah sah dikeluarkan oleh First Asia dan merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari Syarat dan Ketentuan ini serta Perjanjian Pembukan Rekening beserta Formulirnya. Kuasa-kuasa baik yang tersurat maupun tersirat dalam Syarat dan Ketentuan ini merupakan kuasa yang sah yang tidak akan berakhir selama Nasabah masih memperoleh layanan Online Trading atau masih adanya kewajiban lain dari Nasabah kepada First Asia.
  28. Nasabah yang sebelumnya telah memilih untuk melakukan transaksi dengan mempergunakan mekanisme online trading dapat melakukan transaksi manual seperti yang diatur dan ditetapkan oleh First Asia bilamana terjadi kondisi sistem online trading First Asia mengalami kondisi atau kegagalan sistem (system failure) yang bukan karena kesengajaan First Asia. Untuk itu Nasabah diwajibkan untuk memberitahukan perubahan mekanisme transaksi dari online trading ke manual terlebih dahulu kepada First Asia dan Nasabah hanya dapat melakukan transaksi manual setelah mendapatkan persetujuan tertulis dari First Asia yang dikeluarkan oleh pejabat yang berwenang.
  29. Fasilitas FAST yang diberikan oleh First Asia kepada Nasabah “sebagaimana telah dibentuk” dan oleh karenanya penggunaan fasilitas ini oleh nasabah merupakan resiko nasabah sendiri. Fasilitas tersebut termasuk pula berita, data, fakta dan pandangan, pendapat rekomendasi individu dan organisasi dalam jasa dan/atau produk. Informasi yang ada dalam fasilitas FAST diperoleh dari berbagai sumber, yang diyakini dapat diandalkan tetapi dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada nasabah. Tidak satupun informasi tersebut yang nasabah peroleh menyatakan suatu permintaan dari First Asia atau permintaan bahwa nasabah harus membeli atau menjual efek tertentu pada jumlah tertentu atau semuanya.
  30. Nasabah bertanggung jawab atas segala biaya (termasuk namun tidak terbatas pada biaya penasihat hokum), klaim, kerusakan (termasuk namun tidak terbatas pada kerusakan apapun yang bersifat tidak langsung, kerusakan yang tidak disengaja atau kerusakan apapun yang bersifat khusus), kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada kerugian transaksu atau hilangnya pendapatan) atau kewajiban lainnya karena ketidakmampuan nasabah dalam menggunakan sisstem (misalnya ketidakmampuan untuk membatalkan order), termasuk namun tidak terbatas pada pembatasan akses atau gangguan sistem.

IX. PEMBEKUAN, PEMBLOKIRAN, DAN PENYITAAN REKENING EFEK

  1. First Asia atas kebijakannya sendiri berhak melakukan pembekuan sementara Rekening Efek Nasabah, dalam hal Nasabah tidak aktif selama jangka waktu 3 (tiga) bulan berturut-turut, sehingga Nasabah tidak dapat melaksanakan transaksi beli dan transaksi jual. Setelah periode 3 (tiga) bulan pembekuan sementara tersebut, apabila dalam Rekening Efek Nasabah sudah tidak terdapat uang dan/atau Efek/Saham, maka Rekening Efek Nasabah tersebut akan ditutup secara otomatis oleh First Asia.
  2. Dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, First Asia wajib dan berhak melaksanakan pemblokiran atau penyitaan atas Rekening Efek Nasabah atas perintah dari pejabat/instansi yang berwenang.
  3. Tindakan pembekuan atau pemblokiran atau penyitaan Rekening Efek wajib diberitahukan kepada Nasabah dalam waktu 24 (dua puluh empat) jam.

X. PENGAKTIFAN KEMBALI REKENING

  1. Rekening Efek Nasabah yang telah dibekukan sebagaimana dimaksud dalam pasal IX.1 di atas dapat diaktifkan kembali, apabila Nasabah mengajukan permohonan secara tertulis kepada First Asia sesuai prosedur dan disertai dengan pemenuhan persyaratan yang ditetapkan First Asia.
  2. Rekening Efek Nasabah yang telah diblokir atau disita sebagaimana dimaksud dalam pasal IX.1 diatas hanya dapat diaktifkan kembali atas permintaan Nasabah dan apabila First Asia telah memperoleh perintah tertulis yang dikeluarkan oleh pejabat/instansi yang berwenang untuk mencabut pemblokiran atau penyitaan atas Rekening Efek Nasabah, sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

XI. PENYELESAIAN SENGKETA

  1. Para Pihak sepakat akan menyelesaikan setiap perselisihan, perbedaan dan atau pertentangan dengan cara musyawarah dan mufakat.
  2. Jika perselisihan, perbedaan dan atau pertentangan tersebut tidak dapat diselesaikan dengan cara musyawarah dan mufakat maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan, perbedaan dan atau pertentangan tersebut melalui Badan Arbitrase Pasar Modal Indonesia (BAPMI).
  3. Keputusan arbitrase adalah bersifat final dan mengikat para Pihak. Putusan arbitrase dapat dilaksanakan dengan meminta putusan dari pengadilan negeri yang berwenang.

XII. FORCE MAJEURE

  1. Yang dimaksud dengan Force Majeure disini adalah, suatu keadaan diluar kesalahan dan atau kekuasaan dari salah satu pihak dalam Perjanjian ini yang menyebabkan tidak dapat dilaksanakannya atau tertundanya pelaksanaan kewajiban yang ditetapkan dalam Perjanjian ini. Kejadian mana adalah, antara lain terjadi peristiwa dan atau keadaan yang diluar kehendak dan kemampuan Bursa Efek dan atau Lembaga Kliring dan Penjaminan yang mengakibatkan JATS dan atau sistem pengendalian risiko (risk management system) Lembaga Kliring dan Penjaminan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan atau terhentinya perdagangan di Bursa Efek dan atau kegagalan dan atau tidak dapat berfungsinya dan atau terhentinya sistem otoritas perbankan, demikian pula kejadian-kejadian diluar kuasa manusia seperti kebakaran, banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, topan, wabah penyakit, tindakan pemerintah dalam bidang moneter, tindakan pengambilalihan dan atau perampasan oleh Negara, pemogokan buruh, kerusuhan, pemberontakan, perang baik yang diumumkan maupun tidak diumumkan, kegagalan teknis (baik perangkat keras dan atau perangkat lunak Bursa Efek dan atau sistem pengendalian risiko Lembaga Kliring dan Penjaminan) dan keadaan atau peristiwa lain yang sejenis dengan itu.
  2. Masing-masing pihak tidak akan bertanggung jawab kepada pihak lainnya dalam hal tidak terlaksananya atau terjadinya keterlambatan atas pelaksanaan kewajiban dari masing-masing pihak sebagaimana ditentukan dalam Perjanjian ini adalah sebagai akibat langsung dari Force Majeure.
  3. Apabila terjadi Force Majeure, maka pihak yang terkena musibah harus memberitahukan segera pada kesempatan pertama kepada pihak lainnya yang disusul dengan pemberitahuan tertulis selambat-lambatnya dalam waktu 1 x 24 jam sejak saat terjadinya Force Majeure berkenan dan harus dapat membuktikan bahwa keterlambatan atau tidak terlaksanakannya ketentuan dalam Perjanjian ini adalah sebagai akibat langsung dari Force Majeure.
  4. Bila Force Majeure disetujui dan ternyata jangka waktu keterlambatan atau tidak terlaksananya pelaksanaan kewajiban berkenan melebihi 7 (tujuh) Hari Kalender, sehingga Nasabah tidak dapat memenuhi kewajibannya sebagaimana ditentukan dalam Perjanjian ini, maka First Asia dapat membatalkan Perjanjian ini secara sepihak.

XIII. NASABAH MENINGGAL DUNIA

  1. Jika Nasabah perorangan meninggal dunia, maka First Asia berhak meminta kepada (para) ahli waris salinan yang sah atas akta kematian, surat keterangan hak waris, akta wasiat dan dokumen lain yang menurut pertimbangan First Asia diperlukan untuk mengetahui (para) ahli waris yang berhak atas Rekening Efek Nasabah yang telah meninggal dunia tersebut.
  2. Dengan penyerahan kekayaan Rekening Efek Nasabah yang meninggal dunia kepada (para) ahli waris atau pelaksana wasiat sesuai peraturan perundangan yang berlaku sebagaimana yang disebutkan dalam surat keterangan hak waris atau surat wasiat atau dokumen lainnya, maka First Asia menutup Rekening Efek atas nama Nasabah dan First Asia dibebaskan sepenuhnya dari semua tanggung jawab sehubungan dengan penyerahan kekayaan Rekening Efek Nasabah dimaksud.

XIV. PENGAKHIRAN PERJANJIAN

  1. Perjanjian ini dapat diakhiri oleh Nasabah atau First Asia setiap waktu dengan pemberitahuan tertulis dari pihak yang satu kepada pihak lainnya 14 ( empat belas ) Hari Kalender sebelum tanggal pemberhentian yang dikehendakinya.
  2. Kendatipun Perjanjian ini telah berakhir atas dasar ketentuan dalam pasal ini atau atas dasar perihal lainnya, Nasabah tetap berkewajiban menyelesaikan seluruh kewajiban hukumnya yang ada sebagai akibat dari pelaksanaan Perjanjian yang telah dilaksanakannya sebelum tanggal berakhirnya Perjanjian ini.
  3. Berkenaan dengan pengakhiran Perjanjian ini, Para Pihak dengan ini setuju untuk mengesampingkan Pasal 1266 Kitab Undang-undang Hukum Perdata berkenaan dengan ketentuan yang memerlukan putusan pengadilan untuk pengakhiran tersebut.
  4. Sesuai dengan ketentuan yang berlaku di KSEI perihal Subrekening Efek tidak Aktif (Dormant Account) menyatakan bahwa terhitung 120 (seratus dua puluh) hari harus dilakukan penertiban administrasi atas daftar Nasabah yang sudah tidak aktif lagi bertransaksi atau tidak memiliki saham akan dikenakan denda, maka Nasabah menyetujui apabila First Asia Menutup Rekening Efek Nasabah apabila sesuai dengan ketentuan yg berlaku diatas tanpa berkewajiban memberitahu nasabah terlebih dahulu.
  5. Terhadap perjanjiian ini dan segala dokumen yang berhubungan dengan serta akibat hukumnya tunduk pada perundang-undangan dibidang pasar modal dan hukum Negara Republik Indonesia. Perjanjian ini dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris yang merupakan terjemahan bahasa Indonesia. Apabila terjadi perbedaan penafsiran diantara keduanya maka yang berlaku adalah penafsiran dalam bahasa Indonesia.

Demikianlah perjanjian Nasabah ini ditandatangani oleh saya/kami.

 
Nasabah
 
Materai Rp.6.000,-

INSTRUKSI KHUSUS

  • Dana
    1. Seluruh pembayaran kepada PT. First Asia Capital (selanjutnya disebut “First Asia”) akan dilakukan oleh saya sendiri yang bertandatangan dibawah ini (selanjutnya disebut “pemohon”) melalui transfer ke salah satu rekening di bawah ini :
      Bank Mandiri Panin Bank Bank Central Asia CIMB Niaga
      Cabang Bursa Efek Indonesia Senayan Bursa Efek Indonesia Bursa Efek Indonesia
      No. Rekening 104-0099-000-833 1005-561-976 458-301-3400 800-110-468-400
      Atas Nama PT. FAC Sekuritas PT. FAC Sekuritas PT. FAC Sekuritas PT. FAC Sekuritas

      Dalam hal apapun juga First Asia tidak menerima pembayaran dalam bentuk uang tunai

    2. Pemohon setuju untuk mentransfer dan/atau menyetorkan seluruh kewajiban Pemohon ke rekening efek pemohon ke salah satu rekening bank yang disebutkan di point 1 diatas atau ke RDN (Rekening Dana Nasabah) Pemohon yang ditunjuk oleh dan/atau bekerja sama dengan First Asia
    3. Seluruh kewajiban Pemohon yang di bayarkan ke rekening lain selain rekening yang ditentukan di point 1 di atas akan menjadi tanggung jawab Pemohon sepenuhnya dan Pemohon dianggap belum melaksanakan kewajiban Pemohon dan bersedia menanggung seluruh resiko, kerugian, dan biaya yang timbul.
    4. Seluruh hasil penjualan atas transaksi Pemohon dicairkan ke rekening Pemohon sesuai dengan instruksi pembayaran Pemohon diatas
  • EFEK
    1. Seluruh penyetoran Efek akan di lakukan Pemohon secara langsung ke bagaian kustodian FIrsy Asia atau Kustodian yang di tunjuk oleh First Asia.
    2. seluruh Efek hasil transaksi beli Pemohon melalui First Asia harap disimpan dalam Kustodia yang ditunjuk oleh First Asia.
  • REGISTRASI

    dalam memenuhi proses registrasi harap seluruh efek diregistrasikan atas nama FIrst Asia untuk selanjutnya hak Pemohon atas proses registrasi baik dalam bentuk Efek dan uang ditransfer ke rekening efek Pemohon sesuai dengan hak Pemohon.

  • LAIN - LAIN

    Jika Pemohon tidak memenuhi kewajibannya atas rekening efek yang dimilikinya di First Asia, makan Pemohon akan bertanggung jawab sepenuhnya akan hal yang mungkin terjadi sesuai dengan ketentuan-ketentuan Transakasi terlampir.

PERNYATAAN

  1. Saya , (selanjutnya disebut “Pemohon”) menyatakan bahwa seluruh informasi yang pemohon berikan pada Formulir Pembukaan Rekening Efek Perorangan ini adalah benar dan tidak ada sedikitpun informasi yang bersifat material yang disembunyikan dalam rangka pembukaan rekening ini, serta Pemohon menjamin bahwa seluruh fotokopi dokumen-dokumen yang dilampirkan adalah sesuai dengan aslinya, maka dengan ini Pemohon mengikatkan diri pada semua persyaratan dan aturan-aturan transaksi First Asia sebagaiman tercantum di dalam Ketentuan Transaksi Efek (terlampir).
  2. Pemohon menjamin bahwa :
    • Aplikasi ini dibuat oleh dan untuk Pemohon sendiri dan bukan sebagai seorang agen, nominasi, atau orang yang dipercaya orang lain
    • Pemohon telah berusia minimal 18 tahun, memiliki pikiran yang sehat dan secara hukum memiliki kapasitas untuk membuat aplikasi ini.
    • Pemohon bukan seorang yang pernah dinyatakan pailit oleh Pengadilan Negeri atau orang yang pernah terlibat dalam bidang kejahatan dibidang keuangan atau orang yang sedang menjalani hukuman.
    • Apapun yang terjadi, baik untung maupun rugi atas transaksi jual atau beli saham, Pemohon tidak akan membatalkan aplikasi ini.
    • Aplikasi ini dibuat berdasarkan atas kehendak sendiri tanpa adanya pengaruh dan paksaan dari pihak First Asia atau pihak lain.
  3. Pemohon dengan ini memberikan kuasa kepada First Asia untuk memperoleh seluruh informasi yang diperlukan dalam rangka proses pembukaan rekening efek peorangan ini dari bank-bank yang disebutkan diatas.
  4. First Asia berhak menolak perintah-perintah Pemohon berdasarkan kebijaksanaannya sendiri yang dianggap benar dan baik tanpa menyebutkan alasan-alasan penolakn tersebut dan kebijaksanaan tersebut tidak didasarkan atas apakah Pemohon telah memenuhi seluruh kewajibannya terhadap First Asia atau tidak.
  5. First Asia berhak tanpa syarat menolak aplikasi ini tanpa memberikan alasan.
  6. First Asia akan mengirimkan semua dokumen yang berkaitan dengan transaksi efek termasuk sertifikat-sertifikat efek kepada pemohon melalui perantara kurir lokal. First Asia tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau keterlambatan pengiriman yang dimaksud diatas melalui pos atau kurir lokal kecuali dalam hal-hal dimana First Asia dengan sengaja lalai dalam mengerjakan atau mengirimkan dokumen-dokumen tersebut.
  7. Pemohon menyatakan bahwa dengan ini mengetahui dan menyetujui penyimpanan seluruh efek-efek yang berada dalam rekening efek pemohon menggunakan nama First Asia.
  8. Untuk keperluan penyampaian konfirmasi transaksi efek dari First Asia kepada Pemohon, maka apabila pemohon tidak mempunyai mesin faksimili, atau mesin faksimili Pemohon tidak dapat dipergunakan atau tidak mempunyai alamat e-mail, maka pemohon akan mengajukan permintaan secara tertulis agar konfirmasi transaksi efek atas nama Pemohon dapat dikirimkan ke kantor pusat First Asia atau kantor cabang tempat Pemohon membuka rekening untuk diambil sendiri oleh pemohon.
  9. Pemohon menyatakan bahwa dengan ini mengetahui dan menyetujui Formulir Pembukaan Rekening Efek Individu ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan ketentuan transaksi Efek (terlampir).
  10. Pemohon menjamin bahwa dana ataupun efek yang dipergunakan dalam rangka melakukan transaksi bukan dana ataupun Efek yang berasal tindak pidana apapun juga sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.
  11. Bahwa Pemohon menjamin pembukaan rekening Efek ini tidak dimaksudkan dan atau ditujukan dalam rangka upaya melakukan tindak pidana pencucian uang
  12. Bahwa Pemohon menjamin transaksi tidak dilakukan untuk maksud mengelabui, mengaburkan, atau menghindari pelaporan kepada PPATK berdasarkan ketentuan yang berlaku
  13. Bahwa Pemohon bertanggung jawab sepenuhnya apabila pemohon melakukan tindak pidana pencucian uang yang dilakukan diluar pengetahuan First Asia
  14. Bahwa pemohon bersedia untuk membayar denda atas keterlambatan penyelesaian transaksi terhitung sejak tanggal jatuh tempo.
  15. Dalam hal Pemohon telah atau akan membuka Rekening Efek pada perusahaan Efek lain, maka Pemohon menjamin bahwa data identitas diri (nama, tempat, dan tanggal lahir) yang dipergunakan adalah sama.
  16. Apabila kemudian hari diketahui Pemohon menyampaikan informasi/data atau pernyataan yang tidak benar, maka First Asia berwenang untuk mengambil tindakan tertentu termasuk menutup rekening efek milik Pemohon.
  17. Bahwa Pemohon dengan ini menyatakan bahwa Pemohon akan mempergunakan mekanisme transaksi efek dengan First Asia adalah dengan mempergunakan cara (manual) (online trading) dengan ini Pemohon menjamin bahwa tidak akan melakukan perubahan atas mekanisme dimaksud tanpa terlebih dahulu memberitahukan dan mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari First Asia. Bersama ini Pemohon menyatakan akan membebaskan First Asia dari segala tuntutan hukum yang timbul akibat terjadinya ketidakakuratan atau kesalahan dalam melakukan transaksi yang telah ditentukan oleh Pemohon sendiri.
  18. Bahwa pernyataan ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Perjanjian Pembukaan Rekening Efek

PT. FAC Sekuritas

Panin Bank Centre 4th Floor Jl. Jend. Sudirman No. 1 Senayan, Jakarta 10270 Phone : +62 21 727 99 888 l Fax: +62 21 571 0895 www.facsekuritas.co.id @ 2016 PT. FAC Sekuritas, All rights reserved.

FILE ATTACHMENT

Attach file pendukung Anda berupa Scan/Foto KTP, NPWP, dan lainnya (Max : 2MB)

Saya telah membaca dan mematuhi seluruh persyaratan yang diajukan oleh First Asia Capital melalui Formulir Online ini.

  BANTUAN CUSTOMER SERVICE +62 21 727 99 888

PEMBUKAAN REKENING BANK MANDIRI (WAJIB)

SAYA MELAKUKAN PEMBUKAAN REKENING UNTUK :

Isilah Formulir dibawah ini dengan baik dan benar sesuai dengan data resmi/legal Anda, Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan input data dari Anda

aplikasi pembukaan rekening produk dana perorangan application for individual account opening

cabang branch
tanggal Date
JENIS NASABAH Customer Type
NASABAH BARU New Customers
SUDAH PERNAH MENJADI NASABAH/PENGKINIANExisting/Updating
BERTINDAK UNTUKOn Behalf of
DIRI SENDIRI My Self
PIHAK YANG DIWAKILIBeneficial Owner

i. data nasabah / customer data

data pribadi / personal data

NAMA LENGKAP Full Name (SESUAI KARTU IDENTITAS)(as identity cards)
NAMA ALIAS Alias Name
JENIS KELAMIN Gender
PRIA Male
WANITAFemale
TEMPAT & TANGGAL LAHIR Place & Date of Birth
NAMA GADIS IBU KANDUNG Mother’s Maiden Name
KEWARGANEGARAAN Citizenship
NEGARA :
STATUS KEPENDUDUKAN
JENIS IDENTITAS UTAMA Main Identity Type
KTP
KARTU PELAJAR/MAHASISWA
PASPOR
KIMS/KITAS/KITAP
NPWP Individual Tax ID Number
NOMOR IDENTITAS Main Identity Number
TEMPAT DIKELUARKAN IDENTITAS Place of Main Identity Issued
BERLAKU HINGGA Expired
SEUMUR HIDUP Life Time
AGAMA Religion
LAINNYA Others
STATUS PERKAWINAN Marital Status
LAJANG Single
MENIKAH Married
DUDA/JANDA Widow(er)
JUMLAH TANGGUNGAN Dependant
(ORANG) Person
PENDIDIKAN TERAKHIR Education
S3 PHD
S2 Master
s1 Bachelor
DIPLOMA
SMA
LAINNYA
ALAMAT SESUAI ID ID Address
KODE POS
STATUS TEMPAT TINGGAL Residence Status
MILIK SENDIRI Own
SEWA/KONTRAKAN Rent
MILIK KELUARGA Family’s
DINAS/INSTANSI Company
ALAMAT TINGGAL SEKARANG (ISI JIKA BERBEDA DENGAN IDENTITAS)Current Address
KODE POS
ALAMAT KIRIM SURATMailing Address
ALAMAT SESUAI ID Own
ALAMAT KANTOR Office
ALAMAT Tinggal Residence
ALAMAT KANTOR/USAHA Office Address/Business Address
KODE POS
TELEPON RUMAH Home Phone
NO. FAX Fax
TELEPON SELULAR Cellular Phone
EMAIL Email
TELEPON KANTOR Office Phone
PERKIRAAN NILAI TRANSAKSI (OMZET) RP Approximately Amount Transaction
/ TAHUN / Year

PIHAK YANG DAPAT DIHUBUNGI OLEH BANK DALAM KEADAAN DARURAT (WAJIB DIISI) / Emergency Contact

NAMA LENGKAP Full Name
HUBUNGAN DENGAN PEMOHON Relationship
ALAMAT TERAKHIR Address
KODE POS
NO. TELP Phone

data pekerjaan jobs data

PEKERJAAN SEKARANG Current Job
PENYELENGGARA NEGARA Public Official
PNS/TNI/POLRI Gov’t/Army/Police
BUMN/BUMD/SWASTA State/Private Owned Enterprise
WIRASWASTA Entrepreneur
IBU RUMAH TANGGA Housewife
PELAJAR/MAHASISWA Student
PROFESIONAL Professional
LAINNYA Others
STATUS PEKERJAAN Job Status
TETAP Permanent
KONTRAK Contract
HONORER Honorary
PARUH WAKTU Part Time
LAINNYA Others
NAMA PERUSAHAAN Company Name
BIDANG USAHA Current Job
JABATAN Position
TGL MULAI BEKERJA Date Start Working
/ /
SUMBER PENDAPATAN Source of Fund
GAJI Salary
Rp.
/ BULAN /Month
LAINNYA Others
Rp.
/ BULAN /Month

ii. pembukaan rekening baru/ new account opening

iv. pernyataan nasabah / customer statements

DENGAN INI SAYA/KAMI MENYATAKAN BAHWA : Herewith I/We certify that :
  1. DATA YANG ADA PADA FORMULIR APLIKASI INI ADALAH BENAR The data available under this application form are true
  2. PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. BERHAK MELAKUKAN PEMERIKSAAN TERHADAP KEBENARAN DATA YANG SAYA/KAMI BERIKAN PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk. reserves its right to perform examination against correctness of the date I/we have provided
  3. PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. TELAH MEMBERIKAN PENJELASAN YANG CUKUP MENGENAI KARAKTERISTIK PRODUK YANG AKAN SAYA/KAMI GUNAKAN DAN SAYA/KAMI TELAH MEMBACA, MENGERTI DAN MEMAHAMI SEGALA KONSEKUENSI PENGGUNAAN PRODUK DIMAKSUD TERMASUK MANFAAT, RESIKO DAN BIAYA-BIAYA YANG MELEKAT PADA PRODUK DIMAKSUD PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk has provided sufficient explanation againts characteristics of products that I/we will use and I/we have read, understood and comprehended over all consequences of usage of the referred products including benefit, risk and cost adhere to the reffered products.
  4. DENGAN INI SAYA/KAMI SETUJU DAN MEMBERIKAN KUASA KEPADA BANK YANG TIDAK DAPAT DIBATALKAN SECARA SEPIHAK OLEH SAYA/KAMI UNTUK MENDEBET REKENING SAYA/KAMI DALAM RANGKA PEMBAYARAN-PEMBAYARAN TERSEBUT DI ATAS I/We hereby agree and authorize the Bank that can not be canceled unilaterally by me/us to debit my/our account in the framework of the above payments.
  5. MENYETUJUI DAN TUNDUK PADA SYARAT DAN KETENTUAN YANG BERLAKU PADA PT BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. TERMASUK TETAPI TIDAK TERBATAS PADA SYARAT-SYARAT UMUM PEMBUKAAN REKENING DAN : Agree and subject to terms and conditions prevail at PT. BANK MANDIRI (PERSERO) Tbk. Including but shall not limited to general terms for account opening and :
KETENTUAN DAN SYARAT KHUSUS REKENING TABUNGAN MANDIRI Special terms and conditions of Mandiri Saving Account
KETENTUAN DAN SYARAT KHUSUS REKENING GIRO MANDIRI Special terms and conditions of Mandiri Current Account
SYARAT KHUSUS JOINT ACCOUNT Special conditions of Joint Account
Saya telah membaca dan mematuhi seluruh persyaratan yang diajukan oleh First Asia Capital melalui Formulir Online ini.

  BANTUAN CUSTOMER SERVICE +62 21 727 99 888

PEMBUKAAN REKENING BANK MANDIRI (WAJIB)

SURAT KUASA MANDIRI TABUNGAN BISNIS INVESTOR

Yang bertandatangan di bawah ini,

Nama :
Alamat :
No. KTP :

Pemilik Rekening Mandiri Tabungan Bisnis Investor
(dalam hal pemilik rekening merupakan badan usaha, disesuaikan dengan Anggaran Dasar Perusahaan) selanjutnya disebut “Pemberi Kuasa

dengan ini memberi kuasa kepada PT. First Asia Capital yang dalam hal ini diwakili oleh :

Nama :
Alfo Jusuf Tjahaya
Alamat :
Jl. Simprug Garden V/E-8, Rt.007/Rw.003, Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan
No. KTP :
3174051802680004
Jabatan
Direktur Utama
DAN
Nama :
Luki Aryatama Sutyanto
Alamat :
Bukit Cimanggu City Blok AA 14 No. 8, Rt.003/Rw.012, Sukadamai, Tanah Sereal, Bogor
No. KTP :
3271060211770016
Jabatan :
Direktur

selanjutnya disebut “Penerima Kuasa

Untuk dan atas nama Pemberi Kuasa melakukan hal-hal sebagai berikut :

  1. Menghadap pejabat atau pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. (”Bank Mandiri”) untuk mengurus pembukaan Rekening Mandiri Tabungan Bisnis Investor Pemberi Kuasa (selanjutnya disebut “Rekening”).
  2. Mendaftarkan Rekening yang dibuka tersebut ke Mandiri Cash Management (’MCM”) Penerima Kuasa.
  3. Sehubungan dengan pendaftaran Rekening dalam jaringan MCM-Bank Mandiri, maka Penerima Kuasa diberi hak untuk :
    • melihat saldo;
    • mengunduh dan menyimpan data transaksi;
      melakukan pendebetan dan/atau pengkreditan;
  4. Melakukan pendebetan/pemindahbukuan/transfer dan pengkreditan dari dan ke Rekening untuk tujuan penyelesaian transaksi efek Pemberi Kuasa dengan berdasarkan instruksi Pemberi Kuasa.
  5. Meminta pemblokiran Rekening ke Bank.
  6. Meminta pembukaan pemblokiran Rekening ke Bank (jika pemblokiran dilakukan atas permintaan Pemberi Kuasa.).
  7. Meminta pengaktifan Rekening ke Bank
  8. Mendaftarkan Rekening ke Fasilitas AKSes KSEI melalui Bank Mandiri.

Surat Kuasa ini diberikan tanpa hak substitusi, dan berlaku terhitung sejak tanggal penandatangan dibawah ini hingga Bank Mandiri menerima pencabutan kuasa secara tertulis oleh Pemberi Kuasa.

Surat Kuasa ini merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dari aplikasi pembukaan rekening dana perorangan, yaitu Rekening Mandiri Tabungan Bisnis Investor yang dilampirkan dalam Surat Kuasa ini.

Demikian Surat Kuasa ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

 
 
 
 
 
(Alfo Jusuf Tjahaya) (Luki Aryatama S.)
Saya telah membaca dan mematuhi seluruh persyaratan yang diajukan oleh First Asia Capital melalui Formulir Online ini.

  BANTUAN CUSTOMER SERVICE +62 21 727 99 888

PERJANJIAN ONLINE TRADING SYARIAH

Isilah Formulir dibawah ini dengan baik dan benar sesuai dengan data resmi/legal Anda, Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan input data dari Anda

PERJANJIAN ONLINE TRADING SYARIAH

Kami yang bertanda-tangan dibawah ini :

Nama : adalah Direksi PT. First Asia Capital yang berkedudukan di Panin Bank Center Lantai 4, Jl. Jend Sudirman No. 1 Jakarta 12027 dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT. First Asia Capital untuk selanjutnya disebut “ First Asia”

Nama : adalah Nasabah Online Trading Syariah yang memiliki identitas Kartu Tanda Penduduk (KTP) Nomor : yang beralamat di untuk selanjutnya disebut dengan “Nasabah Syariah”

Dalam Perjanjian ini First Asia dan Nasabah Syariah selanjutnya, secara bersama-sama disebut “Para Pihak”.

Para Pihak dengan ini menerangkan terlebih dahulu hal-hal sebagai berikut :

  • Perusahaan adalah Anggota Bursa yang telah mendapat sertifikasi dari Dewan Syariah Nasional - Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI) untuk dapat melaksanakan transaksi Efek Syariah di BEI.
  • Nasabah dengan ini bermaksud membuka rekening Efek Syariah untuk melakukan transaksi Efek yang tercantum dalam ISSI.
  • Nasabah menyatakan dan menjamin telah memiliki kecakapan hukum dan kewenangan penuh untuk melakukan ketentuan dalam Addendum Perjanjian ini.

Maka sehubungan dengan hal-hal tersebut diatas, Para Pihak sepakat dan setuju untuk membuat dan menandatangani Addendum ini dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

PASAL 1 KETENTUAN UMUM

Ketentuan Umum menurut Fatwa DSN MUI No. 80/DSN-MUI/III/2011. Dalam fatwa ini yang dimaksud dengan:

  1. Perdagangan Efek Bersifat Ekuitas (selanjutnya disingkat Perdagangan Efek) di Pasar Reguler Bursa Efek adalah kontrak jual beli efek yang dibuat oleh Anggota Bursa Efek sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh Bursa Efek. Perdagangan ini termasuk perdagangan online yang dilakukan dalam satu majelis dengan mekanisme dan peraturan yang menjamin terpenuhinya hak dan kewajiban para pihak;
  2. Efek Bersifat Ekuitas adalah saham atau efek yang dapat ditukar dengan saham atau efek yang mengandung hak untuk memperoleh saham sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Bapepam dan LK Nomor IX.J.1 tentang Pokok-Pokok Anggaran Dasar Perseroan yang Melakukan Penawaran Umum Efek Bersifat Ekuitas dan Perusahaan Publik;
  3. Efek Bersifat Ekuitas Sesuai Prinsip Syariah adalah Efek Bersifat Ekuitas yang termasuk dalam Daftar Efek Syariah (DES) yang diterbitkan oleh Peraturan Bapepam dan LK, yang dalam penyusunannya melibatkan DSN-MUI;
  4. Pasar Reguler adalah pasar dimana Perdagangan Efek di Bursa Efek dilaksanakan berdasarkan proses tawar menawar yang berkesinambungan (bai’al-Musawamah) oleh Anggota Bursa Efek dan penyelesaian administrasinya dilakukan pada hari bursa ketiga setelah terjadinya Perdagangan Efek di Bursa Efek;
  5. Bursa Efek adalah pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan/atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka;
  6. Anggota Bursa Efek adalah Perusahaan Efek yang telah memperoleh izin usaha dari Bapepam dan LK sebagai Perantara Pedagang Efek sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Pasar Modal dan telah memperoleh persetujuan keanggotaan bursa untuk mempergunakan sistem dan atau sarana bursa dalam rangka melakukan kegiatan Perdagangan Efek di Bursa Efek sesuai dengan peraturan Bursa Efek;
  7. Harga Pasar W ajar adalah harga pasar dari Efek Bersifat Ekuitas Sesuai Prinsip Syariah yang sesuai dengan mekanisme pasar yang teratur, wajar dan efisien serta tidak direkayasa;
  8. Lembaga Kliring dan Penjaminan (LKP) adalah Pihak yang menyelenggarakan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian Transaksi Bursa;
  9. Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) adalah Pihak yang menyelenggarakan kegiatan Kustodian sentral bagi Bank Kustodian, Perusahaan Efek,dan Pihak lain;
  10. Anggota Kliring adalah Anggota Bursa Efek yang memenuhi ketentuan dan persyaratan LKP untuk mendapatkan layanan jasa kliring dan penjaminan penyelesaian Transaksi Bursa;
  11. Perusahaan Efek adalah Pihak yang melakukan kegiatan usaha sebagai Penjamin Emisi Efek, Perantara Pedagang Efek, dan atau Manajer Investasi;
  12. Novasi adalah Pengalihan hak dan kewajiban antara Anggota Kliring jual dengan Anggota Kliring beli menjadi hak dan kewajiban antara Anggota Kliring jual/beli dengan LKP sebagai akibat penjaminan LKP atas Perdagangan Efek di Bursa Efek;
  13. Ijarah adalah akad pemindahan hak guna/manfaat atas suatu barang atau pemberian jasa/pekerjaan dalam waktu tertentu dengan pembayaran sewa/ujrah;
  14. Hawalah bil Ujrah adalah akad pengalihan utang dari pihak yang berutang kepada pihak lain yang bersedia atau berkomitmen (iltizam) untuk menanggung (membayar)-nya, dengan ujrah;
  15. Riba adalah tambahan yang diberikan dalam pertukaran barang- barang ribawi (al-amwal al-ribawiyah) dan tambahan yang diberikan atas pokok utang dengan imbalan penangguhan pembayaran secara mutlak;
  16. Bai’ adalah akad pertukaran harta yang bertujuan memindahkan kepemilikan harta tersebut;
  17. Bai’ al-Musawamah adalah akad jual beli dengan kesepakatan harga pasar yang wajar melalui mekanisme tawar menawar yang berkesinambungan;
  18. Gharar adalah ketidakpastian dalam suatu akad, baik mengenai kualitas atau kuantitas obyek akad maupun mengenai penyerahannya;
  19. Taghrir adalah upaya mempengaruhi orang lain, baik dengan ucapan maupun tindakan yang mengandung kebohongan, agar terdorong untuk melakukan transaksi;
  20. Bai’ al-Ma’dum adalah jual beli yang obyek (mabi’)-nya tidak ada pada saat akad, atau jual beli atas barang (efek) padahal penjual tidak memiliki barang (efek) yang dijualnya;
  21. Bai’ al-Maksyuf adalah bentuk jual beli yang mengandung gharar; yaitu jual beli secara tunai atas barang (efek) yang bukan milik penjual dan penjual tidak diberi izin oleh pemilik untuk menjualkan, atau jual beli secara tunai atas barang (efek) padahal penjual tidak memiliki barang (efek) yang dijualnya;
  22. Jahalah adalah ketidakjelasan dalam suatu akad, baik mengenai obyek akad, kualitas atau kuantitas (shifat)-nya, harganya (tsaman), maupun mengenai waktu penyerahannya;
  23. Ihtikar adalah membeli suatu barang yang sangat diperlukan masyarakat pada saat harga mahal dan menimbunnya dengan tujuan untuk menjualnya kembali pada saat harganya lebih mahal;
  24. Ghabn adalah ketidakseimbangan antara dua barang (obyek) yang dipertukarkan dalam suatu akad, baik segi kualitas maupun kuantitasnya;
  25. Ghabn Fahisy adalah ghabn tingkat berat, seperti jual-beli atas barang dengan harga jauh di bawah harga pasar;
  26. Talaqqi al-rukban adalah bagian dari ghabn; yaitu jual-beli atas barang dengan harga jauh di bawah harga pasar karena pihak penjual tidak mengetahui harga tersebut;
  27. Tadlis adalah tindakan menyembunyikan kecacatan obyek akad yang dilakukan oleh penjual untuk mengelabui pembeli seolah-olah obyek akad tersebut tidak cacat;
  28. Tanajusy/Najsy adalah tindakan menawar barang dengan harga lebih tinggi oleh pihak yang tidak bermaksud membelinya, untuk menimbulkan kesan banyak pihak yang berminat membelinya;
  29. Ghisysy adalah salah satu bentuk tadlis; yaitu penjual menjelaskan/memaparkan keunggulan/keistimewaan barang yang dijual serta menyembunyikan kecacatannya;
  30. Dharar adalah tindakan yang dapat menimbulkan bahaya atau kerugian pihak lain.

PASAL 2KETENTUAN KHUSUS

  1. Perdagangan Efek di Pasar Reguler Bursa Efek menggunakan akad jual beli (bai’);
  2. Akad jual beli dinilai sah ketika terjadi kesepakatan pada harga serta jenis dan volume tertentu antara permintaan beli dan penawaran jual;
  3. Pembeli boleh menjual efek setelah akad jual beli dinilai sah sebagaimana dimaksud dalam huruf 2), walaupun penyelesaian administrasi transaksi pembeliannya (settlement) dilaksanakan di kemudian hari, berdasarkan prinsip qabdh hukmi;
  4. Efek yang dapat dijadikan obyek perdagangan hanya Efek Bersifat Ekuitas Sesuai Prinsip Syariah;
  5. Harga dalam jual beli tersebut dapat ditetapkan berdasarkan kesepakatan yang mengacu pada harga pasar wajar melalui mekanisme tawar menawar yang berkesinambungan (bai’ al- musawamah);
  6. Dalam Perdagangan Efek tidak boleh melakukan kegiatan dan/atau tindakan yang tidak sesuai dengan prinsip Syariah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 4.

PASAL 3MEKANISME PERDAGANGAN EFEK

  1. Bursa Efek boleh menetapkan aturan bahwa:
    • Perdagangan Efek hanya boleh dilakukan oleh Anggota Bursa Efek;
    • Penjual dan Pembeli Efek yang bukan Anggota Bursa Efek dalam melaksanakan Perdagangan Efek harus melalui Anggota Bursa Efek.
  2. Bursa Efek wajib membuat aturan yang melarang terjadinya dharar dan tindakan yang diindikasikan tidak sesuai dengan prinsip Syariah;
  3. Bursa Efek wajib membuat aturan yang melarang terjadinya dharar dan tindakan yang diindikasikan tidak sesuai dengan prinsip Syariah dalam Perdagangan Efek yang berdasarkan prinsip Syariah di Bursa Efek;
  4. Bursa Efek menyediakan sistem dan/atau sarana perdagangan Efek, termasuk namun tidak terbatas pada peraturan bursa dan sistem dalam rangka melakukan pengawasan perdagangan efek, antara lain untuk mendeteksi dan mencegah kegiatan atau tindakan yang diindikasikan tidak sesuai dengan prinsip Syariah;
  5. Bursa Efek dapat mengenakan biaya (ujrah/rusum) Perdagangan Efek berdasarkan prinsip ijarah atas penyediaan sistem dan/atau sarana perdagangan kepada Anggota Bursa Efek;
  6. LKP dapat melakukan novasi atas Perdagangan Efek yang dilakukan Anggota Bursa, berdasarkan prinsip hawalah bil ujrah;
  7. LKP dapat mengenakan biaya (ujrah/rusum) kliring dan penjaminan dari Anggota Bursa/Kliring atas jasa yang dilakukan;
  8. Penyimpanan dan enyelesaian atas Perdagangan Efek dilakukan melalui LPP;
  9. LPP dapat mengenakan biaya (ujrah/rusum) penyimpanan dan penyelesaian dari Anggota Bursa Efek selaku Perusahaan Efek.

PASAL 4TINDAKAN YANG BERTENTANGAN DENGAN PRINSIP SYARIAH

Pelaksanaan Perdagangan Efek harus dilakukan menurut prinsip kehati-hatian serta tidak diperbolehkan melakukan spekulasi, manipulasi, dan tindakan lain yang di dalamnya mengandung unsur dharar, gharar, riba, maisir, risywah, maksiat dan kezhaliman, dan tadlis. Tindakan-tindakan tersebut antara lain meliputi:

  1. Tindakan-tindakan yang termasuk dalam kategori Tadlis antara lain :
    • Front Running yaitu tindakan Anggota Bursa Efek yang melakukan transaksi lebih dahulu ata suatu Efek tertentu, atas dasar adanya informasi bahwa nasabahnya akan melakukan transaksi dalam volume besar atas Efek tersebut yang diperkirakan mempengaruhi harga pasar, tujuannya untuk meraih keuntungan atau mengurangi kerugian.
    • Misleading information (Informasi Menyesatkan), yaitu membuat pernyataan atau memberikan keterangan yang secara material tidak benar atau menyesatkan sehingga mempengaruhi harga Efek di Bursa Efek.
  2. Tindakan-tindakan yang termasuk dalam kategori Najsy antara lain :
    • Pump and Dump, yaitu aktivitas transaksi suatu Efek diawali oleh pergerakan harga uptrend, yang disebabkan oleh serangkaian transaksi inisiator beli yang membentuk harga naik hingga mencapai level harga tertinggi. Setelah harga mencapai level tertinggi, pihak-pihak yang berkepentingan terhadap kenaikan harga yang telah terjadi,melakukan serangkaian transaksi inisiator jual dengan volume yang signifikan dan dapat mendorong penurunan harga. Tujuannya adalah menciptakan kesempatan untuk menjual dengan harga tinggi agar memperoleh keuntungan;
    • Hype and Dump, yaitu aktivitas transaksi suatu Efek yang diawali oleh pergerakan harga uptrend yang disertai dengan adanya informasi positif yang tidak benar, dilebih-lebihkan, misleading dan juga disebabkan oleh serangkaian transaksi inisiator beli yang membentuk harga naik hingga mencapai level harga tertinggi. Setelah harga mencapai level tertinggi, pihak-pihak yang berkepentingan terhadap kenaikan harga yang telah terjadi, melakukan serangkaian transaksi inisiator jual dengan volume yang signifikan dan dapat mendorong penurunan harga. Pola transaksi tersebut mirip dengan pola transaksi pump and dump, yang tujuannya menciptakan kesempatan untuk menjual dengan harga tinggi agar memperoleh keuntungan;
    • Creating fake demand/supply (Permintaan/Penawaran Palsu), yaitu adanya 1 (satu) atau lebih pihak tertentu melakukan pemasangan order beli/jual pada level harga terbaik, tetapi jika order beli/jual yang dipasang sudah mencapai best price maka order tersebut di-delete atau di- amend (baik dalam jumlahnya dan/atau diturunkan level harganya) secara berulang kali. Tujuannya untuk memberi kesan kepada pasar seolah-olah terdapat demand/supply yang tinggi sehingga pasar terpengaruh untuk membeli/menjual.
  3. Tindakan-tindakan yang termasuk dalam kategori Ghisysy antara lain:
    • Marking at the close (pembentukan harga penutupan), yaitu penempatan order jual atau beli yang dilakukan di akhir hari perdagangan yang bertujuan menciptakan harga penutupan sesuai dengan yang diinginkan, baik menyebabkan harga ditutup meningkat, menurun ataupun tetap dibandingkan harga penutupan sebelumnya;
    • Alternate trade, yaitu transaksi dari sekelompok Anggota Bursa tertentu dengan peran sebagai pembeli dan penjual secara bergantian serta dilakukan dengan volume yang berkesan wajar. Adapun harga yang diakibatkannya dapat tetap naik atau turun. Tujuannya untuk memberi kesan bahwa suatu efek aktif diperdagangkan.
  4. Tindakan yang termasuk dalam kategori Ghabn Fahisy, antara lain: Insider Trading (Perdagangan Orang Dalam), yaitu kegiatan ilegal di lingkungan pasar finansial untuk mencari keuntungan yang biasanya dilakukan dengan cara memanfanfaatkan informasi internal, misalnya rencana-rencana atau keputusan- keputusan perusahaan yang belum dipublikasikan.
  5. Tindakan yang termasuk dalam kategori Bai’ al-ma’dum, antara lain: Short Selling (bai’ al-maksyuf/jual kosong), yaitu suatu cara yang digunakan dalam penjualan saham yang belum dimiliki dengan harga tinggi dengan harapan akan membeli kembali pada saat harga turun.
  6. Tindakan yang termasuk dalam kategori riba, antara lain: Margin Trading (Transaksi dengan Pembiayaan), yaitu melakukan transaksi atas Efek dengan fasilitas pinjaman berbasis bunga (riba) atas kewajiban penyelesaian pembelian Efek;

PASAL 5KETENTUAN TAMBAHAN

  1. Nasabah setuju melakukan transaksi pada rekening Syariah dengan limit transaksi yang ditetapkan oleh Perusahaan yaitu berdasarkan cash basis dan portofolio saham tidak menjadi jaminan.
  2. Perusahaan akan memberikan informasi kepada Nasabah apabila terjadi perubahan komposisi Efek dalam ISSI dalam periode waktu tertentu.
  3. Apabila Efek yang dimiliki Nasabah dimasukkan ke dalam ISSI maka Efek tersebut secara otomatis akan dipindahkan ke rekening Efek Syariah. Apabila Efek yang dimiliki Nasabah dikeluarkan dari daftar ISSI maka secara otomatis Efek tersebut akan dipindahkan ke dalam rekening Efek Reguler. Pemindahan dilakukan oleh Perusahaan pada tanggal efektif.
  4. Perusahaan berhak menolak instruksi Nasabah, apabila instruksi tersebut mengakibatkan terlampauinya limit transaksi Nasabah yang telah ditetapkan Perusahaan.
  5. Instruksi beli dari Nasabah hanya dapat dilaksanakan oleh Perusahaan apabila tersedia dana sejumlah 100% dari nilai beli ditambah dengan fee untuk transaksi beli. Instruksi jual dari Nasabah hanya dapat dilaksanakan oleh Perusahaan apabila tersedia Efek sejumlah 100% dalam Rekening Efe k Nasabah untuk melakukan transaksi jual.
  6. Apabila Perusahaan tidak dapat atau gagal melaksanakan instruksi dari Nasabah karena situasi atau kondisi pasar tidak memungkinkan untuk melaksanakan instruksi Nasabah, atau karena terjadi force majeure, maka Perusahaan tidak bertanggung jawab atas segala kerugian yang mungkin timbul dan Nasabah dengan ini membebaskan Perusahaan dari segala tuntutan hukum yang mungkin timbul sebagai akibat dari tidak dapat dilaksanakan nya instruksi Nasabah tersebut.

PASAL 6ORDER DAN TRANSAKSI

  1. Nasabah wajib melakukan penawaran jual dan/atau permintaan beli Efek melalui FAST Syariah berdasarkan prinsip kehati-hatian serta tidak diperbolehkan melakukan spekulasi dan manipulasi yang didalamnya mengandung unsur dharar, gharar, riba, maisir, riswah, maksiat dan kezhaliman.
  2. Nasabah menyatakan telah memperhatikan dan mempertimbangkan dengan seksama informasi harga dan volume dari sebelum dilakukannya pelaksanaan penawaran jual dan/atau beli yang dilakukan Nasabah sesuai prinsip Syariah.
  3. Nasabah menjamin bahwa pelaksanaan penawaran jual dan/atau permintaan beli Efek Syariah dilakukan semata-mata hanya untuk kepentingan rekening Efek Syariah Nasabah. Nasabah dilarang menggunakan layanan FAST Syariah kepada Pihak lain tanpa persetujuan tertulis dari Perusahaan.
  4. Seluruh penawaran jual dan/atau permintaan beli yang dikirim Nasabah melalui FAST Syariah akan disimpan dalam server data Perusahaan dan dianggap sebagai bukti yang sah bagi Perusahaan untuk melaksanakan instruksi tersebut.
  5. Bukti yang sah atas instruksi penawaran jual dan/atau permintaan beli oleh Nasabah pada transaksi dengan FAST Syariah adalah adanya Order ID dan Trade ID (Nomor JATS ID) dalam data server Perusahaan.
  6. Data pesanan tersebut berlaku sebagai alat bukti yang sah dan mengikat Nasabah sehingga tidak memerlukan tanda tangan Nasabah karena User ID, Password, dan PIN Trading berlaku sebagai tanda tangan elektronik.

PASAL 7BIAYA-BIAYA

  1. Nasabah wajib membayar kepada Perusahaan biaya layanan jasa (ujrah) sehubungan dengan transaksi Efek Syariah yang dilakukan atas nama rekening Nasabah meliputi komisi transaksi beli dan komisi transaksi jual yang jumlah dan cara pembayarannya disepakati bersama oleh Para Pihak dalam suatu surat tertulis yang terdapat dalam Konfirmasi Transaksi.
  2. Terhadap penggunaan FAST Syariah beserta fitur-fiturnya, Nasabah dibebani biaya (Ujrah/rusum) atas penggunaan FAST Syariah yang nilainya ditentukan Perusahaan. Pembayaran dilakukan dengan mendebet langsung (autodebet) dari Rekening Dana Nasabah pada setiap akhir bulan.

PASAL 8PENYELESAIAN PERSELISIHAN

  1. Apabila timbul perselisihan mengenai penafsiran atau perbedaan pendapat dalam pelaksanaan dari Perjanjian ini, Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan secara musyawarah untuk mendapatkan persesuaian pendapat yang tidak merugikan Para Pihak.
  2. Apabila perselisihan tidak dapat diselesaikan secara musyawarah dalam waktu 3 (tiga) bulan kalender, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan tersebut melalui Badan Arbitrase Syariah.
  3. Keputusan badan berwenang tersebut pada ayat 2 pasal ini dituangkan dalam bahasa Indonesia, tunduk pada peraturan perundangan yang berlaku dan biaya-biaya yang timbul sehubungan dengan penyelesaian perselisihan tersebut ditanggung secara bersama oleh Para Pihak.

Demikianlah perjanjian Nasabah ini ditandatangani oleh saya/kami.

PT. First Asia Capital
Nasabah
 
Materai Rp.6.000,-
Direksi

PT. First Asia Capital

Panin Bank Centre 4th Floor Jl. Jend. Sudirman No. 1 Senayan, Jakarta 10270 Phone : +62 21 727 99 888 l Fax: +62 21 571 0895 www.facsekuritas.co.id @ 2016 PT. First Asia Capital, All rights reserved.
Saya telah membaca dan mematuhi seluruh persyaratan yang diajukan oleh First Asia Capital melalui Formulir Online ini.

  BANTUAN CUSTOMER SERVICE +62 21 727 99 888

PERJANJIAN FIRST ASIA NABUNG SAHAM (FANS)

Isilah Formulir dibawah ini dengan baik dan benar sesuai dengan data resmi/legal Anda, Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan input data dari Anda

Yang bertanda tangan dibawah ini

Nama :
No. KTP/SIM/Paspor :
Alamat :
No. Telepon/HP :

A. Pernyataan Nasabah kepada PT. First Asia Capital

Dengan ini saya menyatakan bahwa :
Penggunaan First Asia Nabung Saham (”FANS”)

  1. Dalam hal nasabah menggunakan fasilitas First Asia Nabung Saham (“FANS”) yang merupakan fasilitas yang disediakan oleh PT. First Asia Capital untuk lebih memudahkan nasabah atau calon nasabah dalam berinvestasi saham secara disiplin dan terencana melalui pembelian saham secara berkala (Auto Debet Rekening Dana Nasabah) dengan konsep Dollar Cost Averaging, nasabah telah mengetahui segala bentuk resiko yang akan terjadi dari investasi ini dan menyetujui cara berinvestasi menggunakan fasilitas FANS ini, dengan bukti adanya transaksi yang dilakukan oleh nasabah.
  2. Nasabah mengetahui dan menyetujui bahwa persyaratan perdagangan melalui fasilitas FANS, berlaku dan mengikat nasabah, dalam hal tata cara bertransaksi dan ketentuan-ketentuan pada fasilitas FANS.
  3. Untuk melakukan transaksi dengan fasilitas FANS, nasabah harus memberikan surat kuasa pendebetan dengan mencantumkan tanggal order dan nilai nominal yang akan di debet serta memberikan surat kuasa transaksi efek untuk pembelian saham berdasarkan pilihan nasabah itu sendiri, pemilihan saham adalah saham yang liquid yang memungkinkan untuk dilakukannya transaksi dengan minimal pembelian 1 (satu) lot/ 100 lembar saham.
  4. Pembelian saham dilakukan 2 (dua) hari bursa setelah dana diterima perusahaan, pembelian saham dilakukan melalui sistem dengan cara diversifikasi, bila saham yang dikehendaki nasabah mengalami kenaikan sehingga tidak dapat mengeksekusi atau membeli jumlah minimal 1 (satu) lot/100 lembar maka dana akan disimpan di Rekening Dana Nasabah (RDN) dan pembelian akan dilakukan setelah dana mencukupi, bila ada kelebihan dana pembelian saham maka dana tersebut akan disimpan di RDN dan akan diakumulasikan untuk pembelian saham berikutnya, pembelian saham dilakukan pada sesi I (pukul 09:00 WIB - 12:00 WIB) di harga penawaran jual saham.
  5. Bila saham yang dikehendaki nasabah disuspend oleh otoritas bursa, pembelian atau penjualan saham tersebut dapat dilakukan bila sudah diaktifkan kembali pada hari bursa atau akan di diversifikasi ke pembelian saham lainnya sesuai order nasabah.
  6. Keadaan Memaksa : Dalam hal terjadinya kondisi darurat, yaitu suatu keadaan atau peristiwa yang terjadi diluar kehendak dan atau kemampuan perusahaan, yang menyebabkan fasilitas online trading dan FANS tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, maka perusahaan dibebaskan dari segala tuntutan, tanggung jawab atau denda dari nasabah. Jenis-jenis kondisi darurat dapat disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:
    • Bencana, antara lain: Gempa bumi, banjir, kebakaran
    • Terjadinya ganguan keamanan, sosial dan politik, antara lain: pemberontakan, ledakan bom, kerusuhan, huru-hara, sabotase, pemogokan, epidemic.
    • Terjadinya ganguan terhadap infrastruktur sosial seperti telekomunikasi.
    • lain-lain.
  7. Dalam hal terjadi perselisihan sehubungan dengan Rekening Efek ini, maka perselisihan tersebut akan diselesaikan secara musyawarah untuk mufakat oleh Perusahaan dan Nasabah (Para Pihak). Apabila penyelesaian secara musyawarah untuk mufakat tersebut tidak dapat dicapai, maka Para Pihak sepakat untuk menyelesaikan perselisihan melalui Badan Arbitrasi Pasar Modal Indonesia (“BAPMI”). Keputusan BAPMI akan mengikat secara mutlak dan dalam tingkat terakhir bagi Para Pihak. Ketentuan ini tidak mengurangi hak dan wewenang Perusahaan untuk memohon Pelaksanaan (eksekusi) atau mengajukan tuntutan/gugatan hukum terhadap Nasabah berdasarkan Perjanjian ini, di depan pengadilan lain di wilayah Republik Indonesia.
  8. Disclaimer : Investasi saham mengandung resiko, sebelum memutuskan untuk berinvestasi saham calon investor wajib membaca dan memahami serta menyetujui Syarat dan Ketentuan Pembukaan Rekening di Perusahaan sebagaimana tertera dalam Formulir Pembukaan Rekening Efek ini. Nasabah menyatakan tunduk dan terikat pada semua ketentuan yang ditetapkan termasuk untuk setiap kemungkinan perubahan di kemudian hari oleh perusahaan atau peraturan di Pasar Modal. Biaya dan seluruh transaksi perdagangan (pembelian & penjualan) terkait dengan investasi tersebut bukan menjadi tanggung jawab PT. First Asia Capital. Segala resiko yang timbul akibat dari investasi tersebut merupakan tanggung jawab nasabah sepenuhnya, dengan demikian PT. First Asia Capital dibebaskan dari segala bentuk tuntutan yang menjadi tanggung jawab dan resiko nasabah.
 
FORM First Asia Nabung Saham (FANS)

B. Kuasa Nasabah kepada PT. First Asia Capital

  1. Transaksi Efek :

    Dalam kedudukannya Pemberi Kuasa untuk melakukan transaksi saham di PT. First Asia Capital antara lain :

    • Melakukan transaksi pembelian dan penjualan saham/efek, jenis efek/saham sesuai dengan persetujuan Pemberi Kuasa sesuai dengan Formulir Order FANS.
    • Pembelian saham/efek pada angka (1) dilakukan pada sesi I ( Pukul 09:00 WIB - 12:00 WIB) di harga penawaran jual saham.
    • Bila tanggal yang telah ditentukan pada angka (2) jatuh pada hari libur (sabtu/minggu/libur nasional), pembelian saham/efek dilakukan di hari bursa berikutnya.
    • Transaksi pembelian saham dilakukan sesuai dengan jumlah setoran setiap bulan yang dipilih atau minimal 1 (satu) lot (100 lembar saham). Apabila saham yang dikehendaki mengalami kenaikan sehingga tidak dapat mengeksekusi atau membeli jumlah minimal 1 (satu) lot (100 lembar saham) maka dana akan disimpan di rekening dana nasabah (RDN) dan pembelian akan dilakukan setelah dana mencukupi, bila ada kelebihan dana pembelian saham maka dana tersebut akan disimpan di RDN dan akan diakumulasikan untuk pembelian saham berikutnya.
    • Pembelian saham/efek dan pemilihan jenis saham/efek pada angka (1) ditentukan oleh Pemberi Kuasa, dan untuk melakukan transaksi dikuasakan kepada Penerima Kuasa sepanjang tidak bertentangan dengan hukum yang berlaku.

Surat kuasa ini berlaku selama Pemberi Kuasa belum mencabut kuasanya kepada Penerima Kuasa, mengacu pada pasal 1813, 1814, dan pasal 1816 KUHPerdata mengenai cara berakhirnya pemberian kuasa, maka Pemberi Kuasa membatalkan Surat Kuasa ini dengan memberitahukan secara tertulis 1 (satu) bulan sebelumnya kepada PT. First Asia Capital.

Segala akibat yang timbul sehubungan dengan pemberian kuasa ini menjadi tanggung jawab Pemberi Kuasa sepenuhnya, Pemberi Kuasa dengan ini membebaskan PT. First Asia Capital dari segala tuntutan/gugatan dalam bentuk apapun, kapanpun dan dari siapapun termasuk dari Pemberi Kuasa.

Demikian surat kuasa ini untuk dipergunakan sebagaimana peruntukkannya.

Pemberi Kuasa

Nasabah,

Pemberi Kuasa

PT. First Asia Capital,

 
FORM First Asia Nabung Saham (FANS)

Formulir Order FANS

  • Bahwa jenis saham yang saya pilih di atas merupakan kehendak saya sendiri, saya mengerti dan memahami bahwa pembelian saham dilakukan melalui sistem dengan cara diversifikasi;
  • Saya bertanggung jawab penuh atas efek yang menjadi pilihannya untuk FANS. Daftar efek yang tertera di atas dipilih berdasarkan opini analis dan hanya sebagai informasi untuk membantu saya dalam memilih efek dan bukan memberikan rekomendasi kepada siapapun untuk menjual atau membeli efek tersebut. PT. First Asia Capital tidak menjamin dan bertanggung jawab atas kebenaran dan keakuratan dari informasi dan opini analis dari efek tersebut.
  • PT. First Asia Capital hanya memberikan rekomendasi/advice pada saham-saham yang akan dipilih nasabah/calon nasabah, tetapi untuk pemilihan saham yang akan dibeli mutlak merupakan keputusan nasabah/calon nasabah;
  • Dalam pemilihan jenis efek/saham di atas tidak ada paksaan atau dipengaruhi oleh pihak manapun, sehingga segala hal akibat dari pemilihan efek/saham tersebut merupakan tanggung jawab saya sendiri;
  • Segala akibat yang timbul sehubungan dengan pemilihan dan pembelian saham ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya, dengan ini saya membebaskan PT. First Asia Capital dari segala tuntutan/gugatan dalam bentuk apapun, kapanpun dan dari siapapun.
  • Formulir Order ini berlaku sampai saya memberikan Formulir Order yang baru.
 

Nasabah,

 
 

PT. FAC Sekuritas,

 
 
Saya telah membaca dan mematuhi seluruh persyaratan yang diajukan oleh FAC Sekuritas melalui Formulir Online ini.

TERIMA KASIH

anda telah berhasil mengisi seluruh formulir online yang disediakan untuk pembukaan rekening efek anda, data anda sudah kami rekam dan hasil pengisian formulir online anda akan kami kirimkan dalam bentuk soft file pdf ke email anda, silakan cek dan di-print untuk dikirim kembali kepada kami untuk validasi data, bila anda belum menerima email atau mengalami masalah silakan menghubungi customer service kami segera, terima kasih, selamat bergabung di first asia capital.

BANTUAN CUSTOMER SERVICE +62 21 727 99 888