» Detail News

Selasa, 02 Juli 2019 - 11:24:53 WIB

Posting by : DEA
Category    : Economic News - Reads : 29



Waspadai Inflasi Tembus 4% di akhir 2019, Pemerintah Kendalikan Harga Bahan Pangan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tingginya harga bahan pangan membuat pemerintah harus mewaspadai kenaikan inflasi hingga akhir tahun. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution memperkirakan tingkat inflasi di akhir tahun bisa mencapai 4%.

"Inflasi semester I-2019 sebesar 2,05%, kalau tidak diturunkan, (inflasi akhir tahun) bisa-bisa di atas 4%," ujarnya saat ditemui di kantornya Senin (1/7).

Ia mengatakan, pemerintah akan melakukan upaya sungguh-sungguh untuk menjaga inflasi tetap di kisaran 3,5% sesuai target. Terutama, inflasi inti juga berada dalam tren peningkatan, yaitu di level 0,38% mom dan 3,25% yoy pada Juni 2019.

“Kita akan lihat, aspek bahan pangan bergejolak akan kita kendalikan dan ini harus dilakukan sekarang-sekarang ini sebelum terlambat,” kata Darmin.

Darmin menyatakan, perlu segera dilakukan pengendalian terhadap inflasi komponen pangan bergejolak tersebut. “Kenaikan harga bahan pangan karena musimnya enggak bagus. Harus dilakukan pengendalian mulai sekarang,” ujar Darmin.

Sementara itu, Kepala BPS Suhariyanto meyakini target inflasi akan tercapai pada tahun ini. “Saya yakin tercapai. Kita semua tahu inflasi tertinggi selalu di puasa dan Lebaran. Kalau kita bisa kendalikan inflasi di Desember, target inflasi pasti tercapai,” tuturnya, Senin (1/7).

Sementara, tren inflasi inti yang meningkat dinilainya sebagai hal yang positif. Toh, inflasi inti saat ini pada level 0,38% mom dan 3,25% yoy masih berada dalam proyeksi BPS.

“Inflasi inti 3,25% itu tidak terlalu tinggi lah, kalau rendah malah lebih khawatir. Ini menunjukkan daya beli masyarakat masih bagus dan garis besarnya kami berharap inflasi inti di 3,1%-3,3% kok,” tandas Suhariyanto.

Sumber : www.Kontan

  Tag :

inflasi




    Berita Terkait :

  • Harga Komoditas Masih Tinggi, Tekanan Inflasi Mengintai hingga Akhir Tahun
  • Bertepatan dengan Bulan Ramadan, BPS Mencatat Inflasi Mei 2019 Mencapai 0,68%
  • Survei BI: Bawang Putih dan Cabai Dorong Inflasi Mei ke 0,51%
  • Inflasi produsen China Pada Maret Naik Untuk Pertama Kalinya dalam Sembilan Bulan
  • BI Memperkirakan Laju Inflasi 3,4% Tahun Ini