» Detail News

Rabu, 08 Mei 2019 - 08:11:00 WIB

Posting by : Deny
Category    : Market News - Reads : 39



Pergerakan Kurs Rupiah Terhadap Dolar AS Hari Ini, 8 Mei


Rupiah berhasil ditutup menguat pada penutupan perdagangan Selasa (7/5) dan bahkan menjadi yang terkuat ketiga di klasemen mata uang Asia di tengah ketegangan geopolitik AS dan China. Hari ini, Rabu (8/5/2019) ada sentimen dari data neraca pembayaran Indonesia.

Berdasarkan data Bloomberg, pada perdagangan Selasa (7/5) rupiah di pasar spot ditutup menguat 0,126 % berhasil terapresiasi 18 poin menjadi Rp14.280 per dolar AS.

Seperti diketahui, Pemerintah AS mengancam akan menaikkan tarif impor China menjadi 25% dari semulanya sebesar 10% dengan nilai mencapai US$200 miliar. Pasalnya, AS menilai China telah mengingkari komitmen yang telah dibuat dalam perundingan perdagangan bersama dengan AS.

Lantas bagiamana pergerakan rupiah hari ini, Rabu (8/5/2019)? Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim memprediksi, rupiah akan melanjutkan penguatan pada perdagangan hari ini di level Rp14.215 per dolar AS hingga Rp14.360 per dolar AS.

Saat ini, lanjut Ibrahim, pasar sedang menanti data ekonomi penting Indonesia lainnya yaitu neraca pembayaran Indonesia atau NPI. “Investor akan melihat bagaimana posisi keseimbangan eksternal Indonesia, masih rapuh atau sudah ada perbaikan,” ujar Ibrahim seperti dikutip dari keterangan resminya, Selasa (7/5).

Selain itu, pelaku pasar akan mencermati transaksi berjalan Indonesia yang mencerminkan arus devisa dari ekspor-impor barang dan jasa. Jika defisit transaksi berjalan semakin dalam, maka kemungkinan rupiah akan rentan melemah karena tidak memiliki fondasi yang kuat.

Kemudian, data penjualan ritel yang dirilis oleh Bank Indonesia untuk periode Maret 2019 berhasil mencatatkan pertumbuhan sebesar 10,7% secara yoy.

Perkembangan kurs rupiah terhadap dolar AS hari ini dapat diikuti melalui laporan live berikut setelah pasar dibuka:

Sumber : www.BISNIS

  Tag :

kurs-rupiah




    Berita Terkait :

  • Musim Pembagian Dividen Berpotensi Menekan Kurs Rupiah
  • Rupiah Masih Loyo, Ditutup di Rp 14.245/US$
  • Pembukaan Pasar: Rupiah Menguat ke Rp 14.200/US$
  • Pergerakan Kurs Rupiah Terhadap Dolar Hari Ini, 29 April
  • Penutupan Pasar: Rupiah Stagnan di Rp 14.180/US$