» Detail News

Jumat, 04 Oktober 2019 - 11:05:11 WIB

Posting by : DEA
Category    : Economic News - Reads : 144



Banyak Permintaan, PGN Gunakan PRS Salurkan Gas Sementara


IQPlus, (04/10) - Perusahaan Gas Negara (PGN) membangun fasilitas Pressure Reducing Stasiun (PRS) untuk menyalurkan gas distribusi sementara, menyusul lonjakan permintaan gas di kota Semarang,

Sales Area Head PGN Semarang Heri Frastiono di Semarang, Jumat mengatakan Kota Semarang dan sekitarnya belum memiliki jaringan pipa gas secara memadai untuk memenuhi kebutuhan.

Oleh karena itu, inovasi Stasiun Penurunan Tekanan (PRS) Tambak Aji, dibangun untuk terminal penyaluran langsung kepada konsumen.

Fasilitas PRS menyalurkan CNG atau gas alam yang sudah diatur tekanannya untuk dihantarkan kepada pelanggan rumah tangga (RT) dan industri. Namun sumber utama gas masih dibawa dengan truk dari sumber gas alam terdekat, belum melalui pipa jaringan.

"PRS Tambak Aji telah melayani 97 pelanggan rumah tangga dan 13 pelanggan industri. Untuk pelanggan rumah tangga di awal sebetulnya ada 150 tapi berkurang karena kena pembangunan jalan tol," kata Heri.

Ia menjelaskan untuk harga gas bagi pelanggan rumah tangga untuk kategori RT 1 sebesar Rp3.333 per meter kubik. Kelompok RT 1 adalah kelompok rumah tangga pengguna listrik 1.300 VA.

"Sementara untuk kelompok RT 2 tarifnya Rp4.000 per meter kubik," tambahnya..

Sementara itu, untuk pelanggan industri terbagi menjadi beberapa kelompok dikategorikan kelas bronze. Untuk bronze 1 dihargai Rp6.300 per meter kubik. Sementara untuk kelompok bronze 2 ke atas dihargai 14,8 dolar AS per MMBTU.

Gas bumi yang dipasok PGN untuk sektor industri dan rumah tangga di wilayah Semarang, dikonsumsi sekitar 220.000-250.000 meter kubik per bulan.

Sumber : www.IQ Plus

  Tag :




    Berita Terkait :

  • KRAS Bidik Rights Issue Rp 1,87 Triliun
  • MSKY Private Placement Rp 382 Miliar
  • INDF Menuntaskan Penjualan Saham China Minzhong
  • Kinerja AALI Terkerek Harga Minyak Sawit
  • Medco Jual 100% Hak Partisipasi Bawean